Breaking News:

Berita Belitung

Tiga Polsek di Wilayah Polres Belitung Tak Lakukan Penyidikan, Hanya Utamakan Restorative Justice  

Berdasarkan Keputusan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo Nomor : Kep/613/III/2021 menyatakan tiga Polsek di Wilayah Polres Belitung hanya

posbelitung.co
Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Chandra. (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Berdasarkan Keputusan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo Nomor : Kep/613/III/2021 menyatakan tiga Polsek di Wilayah Polres Belitung hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Artinya tiga Polsek yang dimaksud tidak melakukan penyidikan.

Tiga Polsek yang disebutkan dalam surat keputusan yang berlaku 23 Maret 2021 itu meliputi Polsek Tanjungpandan, Sijuk dan Badau.

Sedangkan dua Polsek lainnya yaitu Membalong dan Selat Nasik masih diberikan kewenangan penyidikan.

"Jadi disarankan untuk restorative justice atau jika tidak bisa, melalui jalur gelar perkara maka dilimpahkan ke Satreskrim Polres untuk dilanjutkan tingkat penyidikannya," ujar Kasat Reskrim Polres Belitung, AKP Chandra Satria Adi Pradana kepada Posbelitung.co, Senin (5/4/2021).

Ia menambahkan bagi Polsek tersebut nantinya akan lebih difokuskan dalam fungsi menjaga Kamtibmas, penerapan Prokes dan mencegah isu radikalisme.

Jika melihat kondisi geografis, Wilayah Polsek Tanjungpandan, Badau dan Sijuk masih berada dalam satu pulau, di mana  jarak tempuh tidak begitu jauh.

Sedangkan Polsek Membalong juga masih satu pulau tetapi jarak tempuh terbilang cukup jauh sekitar 50 Km.

Kemudian, Polsek Selat Nasik berada terpisah pulau dari Polres Belitung yang menaungi empat desa. (Posbelitung.co/Dede S)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved