Breaking News:

Berita Belitung

Kelebihan Paket Pelebaran Jalan Juction Membalong, Jalan Perawas Buding Diperlebar Satu Kilometer

Jalan Perawas Buding yang yang diperlebar sepanjang satu kilometer dari semula lebar jalan 5 meter menjadi 7,4 meter.

Posbelitung.co/Jaryanto
Ruas jalan Perawas-Buding, Desa Bulu Tumbang, yang akan diperlebar dari semula lebar jalan 4,5 meter menjadi 7,4 meter, Selasa (6/4/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pelebaran ruas jalan terus dilakukan oleh Pemeritah Provinsi Bangka Belitung, guna mendukung  aktivitas berkendara serta memudahkan akses menuju kawasan wisata, satu diantaranya pelebaran Jalan Perawas - Buding yang berada di Desa Bulu Tumbang, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Jalan Perawas Buding yang yang diperlebar sepanjang satu kilometer dari semula lebar jalan 5 meter menjadi 7,4 meter.

Kepala UPT Pengawasan dan Peralatan Dinas PUPR Bangka Belitung, Achirtono kepada Posbelitung.co menjelaskan paket pengerjaan jalan itu merupakan program nasional Hibah Jalan Daerah (HJD).

Dia menjelaskan, karena ada kelebihan satu kilometer dari paket pengerjaan jalan Juction-Membalong yang kini telah selesai pengerjaannya, maka dialokasikan untuk jalan Perawas-Buding.

"Program Nasional HJD sebenarnya sudah dimulai 2019 lalu ini masuki tahun ketiga, paket pengerjaan jalan Junction - Membalong 11 kilometer yang lalu sudah selesai semula lebar jalan 4.5 meter menjadi 7 meter,"  ungkap Achirtono kepada Posbelitung.co, Selasa (6/4/2021).

Untuk Jalan Perawas Buding  sudah dimulai sejak  5 Maret lalu, saat ini masih tahapan land clearing.

Dia mengatakan, berkenaan jalan tersebut sebenarnya rencana pelebaran jalan sudah dari 2019 lalu, namun karena ada satu dan lain hal, akhirnya rencana pelebaran jalan yang panjang juga sama yakni satu kilometer di lokasi itu ditunda, dan dipindah ke jalan arah ke Manggar, Belitung Timur.

"Nah baru lah tahun ini karena masih ada paket, dan masyarakat pun sudah mendukung barulah jalan diperlebar. Perkiraan pengerjaan jalan akan selesai pada bulan Oktober akan datang, karena itu merupakan program jalan selama 8 bulan," jelasnya.

Ganti Rugi Ditanggung Kabupaten

Ruas jalan Perawas-Buding, Desa Bulu Tumbang, yang akan diperlebar dari semula lebar jalan 4,5 meter menjadi 7,4 meter. Selasa (6/4/2021
Ruas jalan Perawas-Buding, Desa Bulu Tumbang, yang akan diperlebar dari semula lebar jalan 4,5 meter menjadi 7,4 meter. Selasa (6/4/2021 (Ist/Jariyanto)

Menurutnya,  berkenaan dengan ganti rugi, dalam hal ini  dari pihak  provinsi hanya membangun saja, mereka bekerjasama dengan kabupaten untuk ganti rugi berupa ganti rugi bangunan  yang ditanggung oleh kabupaten.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved