Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pelajar di Beltim Belajar Bertahan Hidup, Latihan dari Basarnas Belitung Lewat 'SAR Goes to School'

Basarnas Belitung menyelenggarakan 'SAR Goes to School', Selasa (6/4/2021). Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 orang dari SD hingga SMA.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Kakan SAR Kepulauan Bangka Belitung Fazli saat memberi arahan pada para peserta SAR Goes to School di Halaman Kantor Basarnas Belitung, Selasa (6/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Setiap orang harus paham dan tahu bagaimana menyikapi dan bertindak ketika bencana terjadi di sekitar.

Tak hanya orang dewasa, pemahaman soal Search and Rescue (SAR) juga harus diajarkan sejak dini pada anak.

Karena itu, Basarnas Belitung menyelenggarakan 'SAR Goes to School', Selasa (6/4/2021). Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 orang dari SD hingga SMA.

Ditemui posbelitung.co, Kepala Kantor SAR Bangka Belitung Fazli mengatakan mereka akan mengenalkan kepada anak-anak sekolah ini bagaimana cara mengantisipasi dan upaya rescue-nya jika terjadi bencana di lingkungan sekolah.

"Kami ingin kesadaran SAR bisa dipahami oleh anak sekolah sejak dini karena di Babel dan Beltim khususnya ada bencana yang harus dihadapi, seperti banjir, angin kencang, hingga gempa bumi," kata Fazli.

Tak hanya itu, kegiatan yang berlangsung seharian ini akan mengajarkan cara-cara survival (bertahan hidup) pada para peserta saat sedang beraktivitas di gunung, hutan, atau perairan.

Ia berpesan pada para peserta agar mengikuti seluruh rangkaian pelatihan ini supaya bisa berguna ke depannya.

"Nantinya adik-adik yang di sini bisa menularkan ilmunya ke teman sebaya supaya makin banyak yang tahu bagaimana upaya-upaya rescue yang bisa dilakukan saat bencana terjadi," pesan Fazli.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved