Breaking News:

Berita Belitung

Perluasan Lahan Tanam, Petani Lada di Belitung Bakal Dapat Bantuan 1.600 Bibit Perhektar

Pemeritah daerah saat ini sedang gencarnya mendukung para petani lada, satu diantaranya batuan bibit lada guna kebutuhan perluasan kebun lada.

Posbelitung.co/Suharli
Memetik lada, Petani di Desa Buluh Tumbang, Tanjungpandan sedang memilih lada yang siap dipanen. Senin (5/4/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pemeritah daerah saat ini sedang gencarnya mendukung para petani lada, satu diantaranya batuan bibit lada guna kebutuhan perluasan kebun lada.

Kasi Perbenihan dan Produksi, Bidang Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Eflin Jenifa Ambarita memastikan alan ada perluasan kebun lada seluas 125 hektar, dengan bantuan bibit lada 1.600 bibit perhektar.

"Yang pasti bantuan bibit lada untuk kebutuhan perluasan kebun lada kepada 18 kelompok petani lada di Kabupaten Belitung," jelas Eflin kepada Posbelitung.co, Selasa (6/4/2021).

18 kelompok tani itu tersebar di Kecamatan Cerucuk, Badau dan Membalong, dengan luasan tanam paling luas di Kecamatan Membalong yang juga selaku sentra lada di Belitung.

Selain bibit para petani juga akan mendapat bantuan pupuk organik dan pertipos.

"Untuk jumlahnya kami belum tahu karena penganggarannya di provinsi, mungkin dalam bulan ini. Kalau bibit memang sudah fix 1.600 batang perhektar," kata Eflin.

Sedangkan untuk bantuan tanaman perkebunan lainnya seperti karet, dia mengaku saat ini memang belum ada, hal itu sehubungan dengan adanya refocusing, dia menyampaikan saat ini untuk program rehabilitasi pun juga tidak ada.

Dia menambahkan saat ini Bidang Perkebunan sedang menyiapkan, Calon Petani Calon Lahan (CPCL) program intensifikasi tanaman lada.

"Kalau perluasan kan dari APBN, nah intensifikasi jni dari APBD provinsi rencana 300 hektar. Bantuannya sarana produksi ubtuk mendukung kebun lada berupa pupuk organik dan trichoderma," ungka[ Ef;i/

Bantuan ini tertuju kepada petani yang sudah tergabung dalam kelompok yang terdaftar di Aplikasi Simluktan, kemudian bila mereka membutuhkan bantuan yang di programkan tinggal mengajukan proposalnya, untuk memenuhi kuota 300 hektare itu. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved