Breaking News:

Berita Belitung

Setiap Tahun Bantuan untuk Petani Padi di Belitung Selalu Ada, Tahun 2021 Diberikan Bibit

Tenny Meireni mengatakan di Belitung karena padi merupakan satu tanaman strategis nasional makanya setiap tahunnya pasti ada bantuan untuk petani.

Posbelitung.co/Suharli
Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Tenny Meireni 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Bidang  Tanaman Pangan, Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Tenny Meireni mengatakan di Belitung karena padi merupakan satu tanaman strategis nasional makanya setiap tahunnya pasti ada bantuan untuk petani.

"Insyaallah setiap tahun tetap ada perhatian baik itu benih maupun perbaikan saluran irigasi. kebetulan juga tahun ini ada bantuan dari APBN dan APBD ke petani padi, jadi padi ini komuditas yang harus dikembangkan," kata Tenny kepada Posbelitung.co, Selasa (6/4/2020).

Berkenaan dengan adanya refocusing dia menjelaskan bantuan tetap ada meskipun hanya setengah dari rencana awal dinas ketahanan pangan dan pertanian.

"Jadi refocusing pun bukan tanpa dasar karena ada bantuan juga dari pusat, jadi mudah-mudahan tertutup dengan adanya bantuan dari pusat," ucapnya.

Dari bantuan APBD bantuan bibit ada sebanyak 50 hektar dari rencana sebelum refocusing 100 hektar, perhektar bantuan bibit padi seberat 50 kilogram.

Sedangkan untuk bantuan bibit dari APBN sekitar 300 hektar.

Selain itu menurutnya, masih ada bantuan lainnya  yakni untuk pengoptimalisasi lahan, guna membantu memperluasan lahan tanam.

Semua kelompok tani terutaman padi sawah, saat ini sedang diarahkan menyusun rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) agar mendapatkan bantuan pupuk subsidi.

"Sementara memang belum, tapi tidak menutup kemungkinan bantuan pupuk juga ada. Tapi arahan kami setiap tahun agar petani membuat RDKK agar tahun depannya mereka bisa dapat pupuk subsidi," ujarnya.

Sedangkan untuk pengendalian hama penyakit, pihaknya juga menyediakan stok pestisida untuk alternatif terakhir.

Di Belitung sentra padi berada di Kecamatan Mebalong, yakni di Desa Perepat, Kembiri dan Simpang Rusa.

Berkenaan dengan musim panen Oktober- Maret (Okmar) dia mengatakan di beberapa lokasi sudah panen dengan hasil ubinan bervariasi,  mulai dari 3 ton sampai dengan 5 ton perhektar, hanya saja diakuinya karena masih ada yang dalam proses panen belum semua data dapat direkap dikabupaten.

Musim tanam juga sudah ada yang memulai, menurutnya petani rata-rata petani mengejar tanam padi sebelum memasuki bulan puasa. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved