Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tingkatkan Skill di Enam BLK, Lulusan dari Belitung Timur Diharapkan Bisa Buka Lapangan Kerja

Erna Kunondo mengatakan, saat ini ada lebih dari 100 orang Belitung Timur yang tengah belajar dan meningkatkan skill di enam Balai Latihan Kerja.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Belitung Timur Erna Kunondo saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Belitung Timur Erna Kunondo mengatakan, saat ini ada lebih dari 100 orang Belitung Timur yang tengah belajar dan meningkatkan skill di enam Balai Latihan Kerja (BLK) seluruh Indonesia.

Enam BLK tersebut berlokasi di Lembang, Bekasi, Medan, Bandung, Semarang, dan Belitung.

Menurut Erna  pelatihan skill di masing-masing BLK tersebut berbeda, seperti di Bandung di bidang manufaktur dan perbengkelan, Medan di bidang food and beverages, dan Semarang bidang fashion.

"Sekarang juga lagi ada yang belajar di Lembang di bidang olahan hasil perikanan, pembenihan ikan, pertanian, dan perkebunan. Sekarang lagi belajar soal asisten perkebunan," kata Erna kepada Posbelitung.co saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Ia mengatakan, nantinya para lulusan BLK ini bisa bekerja sesuai di bidang keahlian masing-masing.

Dirinya berupaya agar bisa mengurangi pengangguran di daerah, maka dari itu satu caranya yaitu meningkatkan skill dengan belajar di BLK-BLK itu.

Erna menilai, orang yang sudah belajar dan lulus dari BLK bisa terserap ke dunia usaha. Namun, hal itu bukan sebagai yang utama melainkan mereka bisa menciptakan lapangan usaha sendiri dengan cara berwirausaha.

"Kita kirim mereka ini supaya punya keahlian dan bisa bersaing dengan dunia luar," ujarnya.

Gandeng BLK Lembang

Namun, ke depan dia berencana akan melakukan sosialisasi ke desa-desa menggandeng BLK Lembang tentang paket-paket pelatihan yang tersedia.

Dia menyarankan agar pihak desa bisa menyiapkan sarana yang dibutuhkan oleh para lulusan BLK.

"Misal sesudah sosialisasi itu desa ingin mengirimkan warganya belajar soal pembenihan ikan, maka desa bisa menyiapkan kolam ikannya supaya nanti setelah balik, ilmu yang didapat bisa diterapkan dan bisa menambah pembangunan ekonomi desa tersebut," ungkap Erna.

Ia berharap ke depan makin banyak yang tertarik untuk mengikuti program pelatihan dari BLK sehingga menciptakan lapangan kerja yang nantinya akan mengurangi tingkat pengangguran. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved