Breaking News:

Berita Belitung

Belitung Punya Potensi Budidaya Kepiting, Ada Investor yang Tertarik

Tidak hanya ikan kerapu, kepiting juga akan menjadi potensi budidaya di Kabupaten Belitung.

Posbelitung.co/Suharli
20210407 Kepala Dinas Perikanan Belitung, Firdaus Zamri 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Tidak hanya ikan kerapu, kepiting juga akan menjadi potensi budidaya di Kabupaten Belitung.

"Kebetulan ada swasta yang sudah memulai, di Desa Terong, yang bisa dibilang satu diantara hatcery yang besar dan kosisten di Indonesia," kata Kepala Dinas Perikanan Belitung Firdaus Zamri, Rabu (7/4/2021).

Berbicara soal kepiting, kata Firdaus berbeda dengan budidaya lainnya selalu tidak terlepas dari riset dan riset guna menghasilkan benih kepiting.

"Kami juga akan melihat bagaimana arah biaya budidayanya. Jadi mereka sudah produksi benih dan sudah berhasil, itu potensi kedepannya untuk dibudidayakan ke masyarakat. Karena umumnya masih mengadalkan bibit dari alam," jelas Firdaus.

Adanya orang yang mau berinvestasi budidaya kepiting menurutnya luar biasa, karena di balai-balai pembenihan di KKP saja masih ada yang gagal.

Sedangkan kerapu, Belitung bukan penghasil terbesar kerapu di Indonesia, namun yang jadi perhatian oleh KKP karena Ikan Kerapu dihasilkan dari banyaknya pembudidaya.

Di Belitung ada sebanyak 149 pembudidaya ikan kerapu, setralnya di Tanjung Rusa Membalong. Budidaya Ketapu juga tersebar di Sijuk, Selat nasik dan Petaling, Pegantungan, sedangkan pembudidaya menengahnya bertidak sebagai bapak angkat adanya di Badau.

Benih ikan kerapu saat ini masih mengandalkan benih dari luar, terdiri dari berbagai jenis kerapu, berkenaan dengan ekspor menurutnya saat ini terus jalan meskipun tidak sebesar ekspor sebelum masa pandemi, dengan tujuan Hongkong.

Pada tahun 2021 sudah 3-4 kali ekspor kerapu dilakukan pengiriman, kalau sebelum pandemi kami mampu mengirim mencukupi kuota 15 ton, sekarang ini hanya sekitar 5-6 ton sekali angkut.

(Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved