Breaking News:

Berita Belitung

Kelompok Nelayan Baro Belitung Butuh SKK, dan Alat Navigasi, Minta Pemerintah Fasilitasi

Kelompok Nelayan Baro Tanjungpandan, Belitung, memerlukan Surat Kecakapan Kapal (SKK) yang dikeluarkan melalui Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP)

Ist/dok pribadi
Kelompok nelayan Baro Tanjungpandan, Belitung beberapa waktu lalu sedang membetulkan lampu yang ada di Pelabuhan secara mandiri. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kelompok Nelayan Baro Tanjungpandan, Belitung, memerlukan Surat Kecakapan Kapal (SKK) yang dikeluarkan melalui Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP).

SKK tersebut sangat diperlukan, sebagai bentuk dukungan adminstrasi pemilik kapal saat menjalani pekerjaan sebagai nelayan.

Selain itu, bantuan terhadap alat navigasi kapal untuk mendukung perjalanan kapal tersebut sangat diperlukan.

"Karena nelayan - nelayan ini jarang tempuh untuk mendapatkan ikan cukup jauh, apalagi yang menginap di laut, itu bisa mencapai 30 - 60 mill laut. Kalau yang pergi pagi pulang sore, itu bisa 10 mill laut," kata Ketua Kelompok Nelayan Baro Jumdi, didampingi Sekretaris Agun kepada Posbelitung.co, rabu (7/4/2021).

Kata Jumdi, di Pangkalpinang untuk SKK sudah dikeluarkan sejak tahun 2020 lalu. Namun ia menduga di Belitung, hingga sekarang belum ada nelayan yang memiliki SKK tersebut.

Ia berharap, Pemerintah peduli terhadap administrasi nelayan tersebut.

"Hampir seluruh Belitung mungkin masih kosong kalau secara legal, karena kami selama ini tidak tau legal atau ilegal, sementara di Pangkalpinang melalui KPLP sudah mengeluarkan pada tahun lalu," ujarnya.

Sedangkan alat navigasi kapal, kata dia, sangat dibutuhkan, lantaran dikhawatirkan ada permasalahan diperairan laut.

"Ini sangat dibutuhkan sekali ketika melaut. Kalau kondisi tangkapan nelayan (nelayan pancing) di Baro sekarang ini musim paceklik, ya arti nya pendapatan nelayan makan pokok istilahnya," bebernya.

(posbelitung.co/disa aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved