Breaking News:

Berita Belitung

Nelayan Selat Nasik Minta Zona Tangkap Nelayan Dibagi, Khawatir Terjadi Gesekan Saat Cari Ikan

Nelayan Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, meminta kepada Pemerintah, agar peduli terhadap wilayah atau zona tangkap nelayan.

Pos Belitung/Disa Aryandi
Puluhan nelayan kapal bertambat di dermaga tambat Tanjung Pendam, Tanjungpandan, Belitung, Jumat (2/4/2021). 

POSBELITUG.CO, BELITUNG - Nelayan Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, meminta kepada Pemerintah, agar peduli terhadap wilayah atau zona tangkap nelayan.

Lantaran, khusus di perairan Selat Nasik, ada beberapa jenis alat tangkap dipergunakan. Alat tangkap pancing, alat tangkap bubu, dan jaring.

Seluruh alat tangkap tersebut dipergunakan pada satu area penangkapan, sehingga harus ada pengaturan secara tegas oleh Pemerintah, agar tidak terjadi konflik di perairan laut.

"Ini perlu kebijaksanaan dari Pemerintah, karena konflik seperti itu sudah beberapa kali terjadi dan harus dihindari. Seperti nelayan jaring, mereka modal besar, tentu target penangkapan harus banyak," kata Willy, Kelompok Nelayan Selat Nasik Bersama kepada Posbelitung.co, Rabu (7/4/2021).

"Nah seperti kami nelayan pancing, 20 kg (kilogram) itu sudah besar istilahnya. Selama ini nelayan pancing, nelayan bubu, dan jaring area pencariannya sama."

Jarak area penangkapan ikan, dari pesisir Selat Nasik berjarak sekitar 3 - 4 mill laut. Namun untuk pendapatan, relatif. Saat ini sedang dalam kondisi kurang baik, lantaran cuaca kurang mendukung.

"Ya kalau dua minggu lalu itu dapat lah Rp 200.000,- per hari, tapi kalau minggu ini tidak bisa, karena perkembangan angin kurang bagus, berdampak kepada tangkapan ikan yang kurang," jelasnya.

Ia berharap kepada Pemerintah, agar pembagian zona tangkap tersebut segera terealisasi.

"Soalnya kalau tidak seperti itu nanti pasti akan bentrok lagi sewaktu - waktu, karena ikan ini kita tidak tau, terkadang ada, terkadang tidak," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved