Breaking News:

Berita Belitung

Pelaku UMKM di Belitung Timur Mau Dapat Rp 1,2 Juta dari Pemerintah? Begini Caranya!

Erna Kunondo menegaskan penyaluran Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) hanya melalui kantornya dan online.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Belitung Timur Erna Kunondo saat ditemui posbelitung.co, Rabu (7/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Belitung Timur Erna Kunondo menegaskan penyaluran Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) hanya melalui kantornya dan online.

Erna mengatakan, masyarakat jangan mau jika ada yang menawarkan dari pihak manapun kecuali dari kantornya.

Hal ini ia katakan karena ada orang atau kelompok yang mencari keuntungan dan memanfaatkan program BPUM ini untuk kepentingan pribadi.

"Semua prosesnya gratis dan bantuan sebesar Rp 1,2 juta langsung dikirimkan ke rekening penerima tanpa potongan sedikitpun," kata Erna kepada posbelitung.co, Rabu (7/4/2021).

"Jadi bagi yang mau mendapatkan bantuan ini langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Belitung Timur," katanya lagi.

Erna menyebut program ini mulai dibuka pada besok Kamis (8/4/2021) hingga 30 April mendatang.

Dia bilang pihaknya tidak memiliki kuota terhadap penerima bantuan ini, selama memenuhi persyaratan semuanya akan mendapatkan BPUM ini.

Dia menjelaskan beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi yaitu bukan merupakan ASN/TNI/POLRI/Pegawai BUMD, tidak sedang menerima KUR dari perbankan, usaha masih berjalan, dan memiliki kekayaan bersih paling banyak 50 juta di luar tanah dan bangunan.

"Selain itu penerima juga diharuskan belum pernah mendapat bantuan sejenis dari pemerintah. Bantuan ini juga diberikan satu kali untuk satu keluarga, jadi jika keluarga itu punya dua usaha, cuma satu yang bisa dapat bantuan ini," kata Erna.

Selain persyaratan umum, ada persyaratan lampiran yang harus dimiliki oleh calon penerima, yaitu KTP, KK, IUMK, dan NIB dalam bentuk fotokopi. Lalu menyertakan nomor hape dan foto tempat usahanya.

Erna ingin bantuan ini bisa tepat sasaran dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemilik usaha yang terdampak di masa pandemi ini.

"Semoga bantuan ini bisa membangkitkan UMKM di Belitung Timur," harap Erna.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved