Breaking News:

WIKI Belitung

WIKI Belitung - Ramuan Seleraja ala Puskesmas Tanjung Binga, Minuman Herbal Nikmat Kaya Manfaat

Ramuan Seleraja dikreasikan oleh pakar herbal dr. Zaidul Akbar yang dipercaya memiliki beragam khasiat.

Pos Belitung/Disa Aryandi
Membuat ramuan herbal Seleraja bersama dua pegawai Puskesmas Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Rabu (7/3/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Serai, lemon, gula merah, dan jahe disiapkan dalam wadah. Sebelahnya, panci yang berisi air dipanaskan hingga mendidih.

Satu per satu langkah membuat resep minuman herbal yang disebut Seleraja, yang merupakan singkatan dari bahan-bahannya, dipraktikkan dua pegawai Puskesmas Tanjung Binga yaitu apoteker Emi Pratiwie dan perawat gigi Risma M. Gultom, Rabu (7/4/2021).

Sesaat setelah dua liter air dalam panci mendidih, Emi lalu memasukkan 300 gula merah. Bagi penderita diabetes, gula merah juga bisa diganti dengan madu asli.

"Gula merahnya saya pakai yang gula asli Belitung karena tidak ada kandungan pemanis buatan, 300 gram atau kalau orang Belitung bilangnya lima kirik," kata Emi sembari menjelaskan.

Sementara itu, Risma menggeprek delapan batang serai berukuran kecil. Setelah digeprek dan aroma khas serai tercium, rempah itu dimasukkan ke dalam rebusan air dan gula kirik. Kemudian ditambah 200 gram jahe yang telah dibersihkan dan digeprek.

Butuh waktu sekitar 10-15 menit menunggu air rebusan rempah ini mendidih dan agak mengental dengan warna kecoklatan dari gula merahnya. Kata Emi, memanaskannya cukup menggunakan api sedang saja.

Ketika sudah mendidih, kompor lalu dimatikan. Ramuan bisa ditambahkan sejumput garam dan perasan dua iris lemon dimasukkan ke dalam air rebusan. Jika tak ada, juga bisa diganti dengan jeruk nipis.

"Lemon terakhir masukkan, karena kalau dimasukkan ke dalam air mendidih, kulitnya bisa mengeluarkan rasa pahit," ucapnya.

Sebagai pelengkap sajian minuman ini dihidangkan dalam cangkir kopi, lalu dipermanis dengan satu batang sereh dan seiris lemon.

Ketika dicicip, semerbak aroma lemon dan sereh tercium menyegarkan. Ketika dicicip, rasa hangatnya minuman serta sedikit sekali rasa pedasnya jahe terasa berpadu dalam rasa manis yang dominan namun tak bikin enek karena ada masam dari perasan lemon. Sekilas, rasanya juga mirip dengan teh lemon.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved