Breaking News:

Berita Belitung

Anggaran Terbatas, Pemkab Belitung Hanya Perbaiki Dua Dermaga, Satunya di Obyek Wisata

Pemerintah Kabupaten Belitung berencana akan memperbaiki dua dermaga pada tahun 2021.

IST/dok Humas Pemkab Belitung
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie meninjau dermaga Tanjung Kelayang, Jumat (14/2/2020) lalu. Dermaga ini akan direnovasi oleh Pemkab Belitung pada tahun 2021 ini. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung berencana akan memperbaiki dua dermaga pada tahun 2021.

Dua dermaga itu adalah dermaga Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk dan dermaga nelayan Desa Pegantungan.

Kepala Bidang (Kabid) Kelautan dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung Firmawan, mengatakan dua dermaga itu sudah masuk perencanaan.

Terutama dermaga Tanjung Kelayang, menjadi prioritas, lantaran aset tersebut sudah diserahkan Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten.

"Itu prioritas kami, karena tahun ini Dishub hanya ada dua dermaga yang rencana akan direhab," kata Firmawan kepada Posbelitung.co, kamis (8/3/2021).

"Kalau yang Tanjung Kelayang itu prioritas, mengingat aset nya sudah diserahkan ke Kabupaten," katanya lagi.

Apalagi, kata dia, khusus dermaga Tanjung Kelayang difungsikan untuk mendukung sektor pariwisata, lantaran lokasi pada satu area pariwisata.

"Makanya harus menjadi prioritas. Banyak wisatawan datang ke sana, dan berada di dermaga tersebut," ucapnya.

Sedangkan untuk dermaga nelayan Desa Pegantungan, lanjut dia, rencana akan diperpanjang. Lantaran sebagai dari dermaga tersebut masih menggunakan kayu dan papan.

"Tapi itu akan dicek ulang. Kami tidak bisa mengakomodir dermaga lainnya, karena ada keterbatasan anggaran. Tahun ini hanya Rp400 juta anggaran tersedia, jadi dibagi nanti," ucapnya.

Dermaga lain, rencana diperbaiki dermaga Tanjung RU Desa Pegantungan. Namun untuk perbaikan ini, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8 miliar.

"Karena kondisinya cukup parah, makanya harus diperbaiki. Nah kalau dermaga baro, nanti kami akan cek masuk aset mana, tapi kami akan survei dulu," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved