Breaking News:

Berita Belitung Timur

Dua Rumah di Manggar Tertimpa Pohon Tumbang Karena Angin Kencang, Satunya Rumah Pribadi Camat

Dua rumah di Manggar Belitung Timur dilaporkan tertimpa pohon tumbang, Kamis (7/4/2021).

Ist/BPBD Beltim
Petugas BPBD Beltim saat mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga Manggar, Kamis (7/4/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dua rumah di Manggar Belitung Timur dilaporkan tertimpa pohon tumbang, Kamis (7/4/2021).

Musibah ini terjadi lantaran hujan disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB di Manggar dan sekitarnya.

Satu rumah yang tertimpa pohon tumbang diketahui merupakan rumah Camat Manggar Fitri Zakiah yang berlokasi di Desa Padang, Manggar.

Saat dihubungi Posbelitung.co, ia mengatakan, pohon itu tumbang  ketika dirinya sedang berada di kantornya.

Ia mengatakan pohon itu mengenai bagian atap garasi rumahnya juga kabel listrik yang berada di sekitar garasinya.

Setelah tahu ada pohon tumbang, suami dan anaknya yang saat itu berada di dalam rumah segera mengevakuasi pohon tersebut saat hujan reda.

"Alhamdulillah tidak ada kerugian apa-apa cuma atap garasi saja yang ringsek. Tadi sempat juga rekan BPBD Beltim mengontrol serta dibantu oleh warga sekitar gotong royong untuk membersihkan pohonnya," kata Fitri.

Rumah lainnya diketahui berada di Desa Baru kepunyaan Rabuie Kasim. Rumahnya ditimpa pohon batan yang rubuh di bagian atap samping belakang. Karena pohon tumbang ini sebanyak 11 keping atap rumah dan satu parabolanya rusak.

"Saat pohon tumbang, Pak Kadus langsung melapor. Saya dan tim segera bersiap untuk mengevakuasi pohon tersebut," kata Penyuluh Bencana BPBD Beltim Supandi.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Beltim Surya Mulyana mengatakan angin kencang tadi siang di Manggar juga menyebabkan satu pohon tumbang di Kawasan Pantai Lalang.

Dia mengatakan saat ini timnya sedang mengevakuasi pohon tersebut agar tidak membahayakan orang yang berkunjung ke tempat wisata itu.

Surya mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati di saat musim seperti sekarang ini. Ia menyarankan segera tebang pohon-pohon tua yang tinggi dan berisiko membahayakan ketika ada angin kencang.

"Kemudian bagi yang sedang ada di jalan raya segera tepikan kendaraan dan hindari berada dekat dengan baliho besar menghindari jika baliho tersebut roboh," pesan Surya .

Dia mengatakan, jika butuh bantuan untuk menebang pohon besar bisa langsung menginformasikan ke Kantor BPBD Belitung Timur. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved