Breaking News:

Berita Belitung

Nelayan Baro Terpaksa Larang Motor Pembeli Ikan Naik Dermaga, Beban Segini Sudah Goyang

Kondisi dermaga nelayan Baro, Lingkungan Pak Mangga, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, semakin memprihatinkan.

Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi dermaga nelayan Baro, Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Kamis (8/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kondisi dermaga nelayan Baro, Lingkungan Pak Mangga, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, semakin memprihatinkan.

Pantauan Posbelitung.co, Kamis (8/4/2021), dermaga memiliki panjang sekitar 100 meter dengan lebar dua meter tersebut, semakin memburuk.

Bagian pengait bawah dermaga ini, sebagian sudah lepas, serta tiang beton yang ada di bagian dermaga itu, sudah hampir terputus.

"Jadi kalau sekarang, orang ingin ngambil ikan menggunakan motor roda tiga, tidak kami izinkan. Orang ambil pakai karung, bawa ke jalan aspal, karena kalau bobot 200 kilogram (Kg) saja sudah goyang," kata Sekretaris Forum Nelayan Baro Bersama, Agun didampingi Ketua Forum ,Jumdi kepada Posbelitung.co, Kamis (8/4/2021).

Dermaga nelayan tersebut sudah ada dari zaman duhulu, alias turun temurun. Kali pertama pembangunan dermaga dibuat hanya sederhana, menggunakan kayu dan papan.

Namun sekitar tahun 2014 lalu, dermaga ini diperbaiki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, dan dibuat secara permanen.

"Dulu waktu masih kayu swadaya nelayan sini membangun. Termasuk sekarang perawatan kami perawatan masih swadaya kawan-kawan nelayan, karena lampu, listriknya harus diisi, dan segala macam," ucapnya.

Biasa kurang lebih 100 nelayan memancing dari atas dermaga setiap harinya. Sedang kapal bertambat di dermaga tersebut ada 65 unit kapal.

Kapal - kapal di dermaga ini, sebagian sudah dilengkapi peralatan GPS dan dispenser.

"Nah total nelayan dan kapal ini semakin hari semakin bertambah. Ditambah lagi, untuk area penangkapan semakin jauh," ucapnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved