Breaking News:

Berita Belitung

Potensi Laut Pulau Belitung Semakin Memesona, Jadi Incaran Penyuka Sport Fishing

Komunitas Belitung Fishing Comunnity (BelFiC) mencatat potensi ikan di Pulau Belitung semakin meningkat.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pemancing menunjukkan ikan jebong hasil tangkapan. Jepretan foto selama memancing. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komunitas Belitung Fishing Comunnity (BelFiC) mencatat potensi ikan di Pulau Belitung semakin meningkat.

Ada berbagai macam jenis ikan tersebar di perairan laut Pulau Belitung.

Paling potensional, area perairan Belitung Timur. Ikan di Belitung Timur lebih besar dan lebih banyak dibandingkan potensi ikan di perairan Kabupaten Belitung.

"Seperti ikan GT (Golden Trevally), itu saya paling besar dapat di Belitung Timur, itu pernah dapat 60 kilogram (KG)," kata Ketua BelFiC Fennil Buana alias Wewen didampingi rekannya Yudi AB kepada Posbelitung.co, Kamis (8/4/2021).

Ikan seperti itu, kata Wewen, menjadi target sport fishing para angler karena dapat memacu adrenalin saat bertarung dnegan jenis ikan ini.

"Itu biasa menggunakan teknik popping, dan sekarang ada juga menggunakan teknik jigging," ujarnya.

Sedangkan potensi ikan di Belitung, paling banyak tersebar di perairan laut Pulau Seliu, Gersik, Gual, Pulau Lengkuas, dan Tanjung Kelayang.

"Tapi yang paling primadona, itu ada di perairan Pulau Seliu. Daerah-daerah ini biasa ditargetkan oleh para angler untuk sport fishing," ucapnya.

Namun, lanjut dia, ia mengingatkan kepada para angler, ketika melakukan kegiatan di perairan, diharapkan menjaga lingkungan.

"Kemudian ikan-ikan berukuran kecil, harap dikembalikan lagi ke habitatnya, agar nanti tumbuh dan berkembang. Ini tentu yang harus diperhatikan oleh para angler," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved