Breaking News:

Berita Belitung Timur

Enam Pemuda Dendang Belitung Timur Lolos Uji Kompetensi Sertifikasi Pemandu Wisata Snorkeling

Enam pemuda yang tergabung dalam Komunitas Selatan Puake Kecamatan Dendang dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Sertifikasi Pemandu Wisata.

Ist/Asror
Mustaghfiri Asror bersama teman-temannya saat berfoto bersama usai uji kompetensi, Kamis (8/4/2021) kemarin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Enam pemuda yang tergabung dalam Komunitas Selatan Puake Kecamatan Dendang dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Sertifikasi Pemandu Wisata Snorkeling yang diadakan oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) di Hotel Bahamas, Kamis (8/4/2021).

Mereka adalah Mustaghfiri Asror, Kurniawan Akbar, Edi candra, Eddo Saputra, Metri, dan Mega Silvia yang berasal dari Desa Dendang, Jangkang, dan Balok.

Posbelitung.co berkesempatan menanyai seorang peserta yang dinyatakan kompeten dalam uji sertifikasi tersebut yaitu Mustaghfiri Asror, Jumat (9/4/2021).

Dia mengatakan sertifikasi ini sebagai upaya menaikkan kelas pemandu wisata snorkeling menjadi lebih profesional di bidangnya.

Asror menilai dengan terciptanya tenaga pemandu yang profesional di bidang snorkeling akan memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang berkunjung.

"Dendang memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa, seperti Pulau Pipit. Tentu setelah adanya sertifikasi ini, para wisatawan yang berkunjung ke sana menjadi lebih nyaman didampingi oleh pemandu yang sudah teruji," kata Asror.

Asror yang sudah aktif dalam dunia tersebut sejak 2008 mulai intens mendampingi wisatawan ke Pulau Pipit sejak tiga tahun terakhir.

Dia bersyukur karena dengan sertifikasi ini bakal lebih semangat dalam mempromosikan wisata Pulau Pipit ke wisatawan lokal maupun dalam negeri.

Dia berharap setelah ia dan 16 orang lain se-Belitung Timur yang lolos uji kompetensi sertifikasi pemandu wisata snorkeling ini bisa diperhatikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayan Belitung Timur.

"Semoga setelah masa pandemi usai, pariwisata di selatan Belitung Timur ini dan Belitung Timur keseluruhan bisa bangkit sehingga memberikan dampak ekonomi juga bagi masyarakat sekitar," harap Asror. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved