Breaking News:

Ramadhan 2021

Mengejutkan, Bupati Minta Warung Makan dan Warkop Jangan Pakai Tirai Penutup Selama Ramadan  

Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin akan mengubah satu poin instruksinya beberapa waktu lalu tentang operasional warung makan dan warung kopi

posbelitung.co
Bupati Belitung Timur Burhanudin saat menghadiri acara bedah buku dan sosialisasi fatwa MUI di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Kantor Bupati Belitung Timur, Jumat (9/4/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin akan mengubah satu poin instruksinya beberapa waktu lalu tentang operasional warung makan dan warung kopi selama Bulan Ramadan.

Poin yang berubah yakni pemakaian tirai penutup di warung makan dan warung kopi. Ia meminta agar warung makan dan warung kopi silakan buka seperti biasa tanpa tirai penutup.

Kepada Posbelitung.co, Jumat (9/4/2021), Burhanudin mengatakan kebijakan tidak populer ini dibuat bukan untuk mencari sensasi. Kebijakan ini menurutnya supaya membuat kesadaran masyarakat untuk serius menjalankan ibadah puasa.

"Kalau orang tidak puasa, beli bungkus tak masalah. Tapi kalau makan di tempat harusnya malu, kita harus menjaga etika dan adab. Jangan jadi orang munafik, ngomong di rumah puasa pas keluar ternyata makan siang," kata Burhanudin ditemui usai acara bedah buku dan sosialisasi fatwa MUI di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Kantor Bupati Belitung Timur.

Ia mengatakan Allah SWT dalam Firman-Nya tidakmemerintahkan seluruh manusia melaksanakan puasa melainkan hanya orang-orang beriman. Karena itu dia meyakini bahwa orang yang menjalani puasa sudah pasti merupakan orang beriman.

Selain itu ia juga meminta masyarakat Belitung Timur mengamalkan nilai-nilai Pancasila yaitu saling menghormati, menghargai, dan bertoleransi antar sesama umat manusia.

Meski demikian, ia tidak ingin kebijakan ini dipolitisasi oleh orang atau kelompok lain untuk tujuan tertentu. Burhanudin hanya ingin menumbuhkan sikap malu dan saling menghormati antar umat beragama.

"Dalam beribadah kita pasti ada berbagai godaan. Untuk mengukur setebal apa iman kita, inilah sarananya. Kita harus mampu menjalankan ibadah puasa walaupun dengan godaan apapun," ujarnya.

Pada 31 Maret 2021 lalu, Bupati Belitung Timur mengeluarkan Instruksi Nomor 451/017/II/2021tentang Penertiban Cafe, Karaoke, Restoran, Rumah Makan, Warung Kopi, dan Tempat Hiburan pada Bulan Suci Ramadan 1442 H.

Ada tujuh poin dalam instruksi tersebut, beberapa di antaranya adalah harus menutup total tempat hiburan malam yaitu klub malam, diskotik, panti pijat, karaoke, musik hidup, dan biliar.

Selain itu, ada juga poin adalah melarang masyarakat mengadakan pertunjukan musik dan menyalakan petasan yang bisa mengganggu kekhusyukan umat Islam beribadah. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved