Breaking News:

Gandeng PPBI Belitung, Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Diberi Pelatihan Bonsai

Gandeng PPBI Belitung, Lapas Tanjungpandan Berikan Pelatihan Bonsai Kepada WBP

Penulis: Dede Suhendar
Editor: M Ismunadi
IST/dok Lapas Kelas IIB Tanjungpandan
Para WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan mengikuti kegiatan pelatihan dasar bonsai dari komunitas PPBI Cabang Belitung, Sabtu (10/4/2021). 

POSBELITUNG.CO -- Berbagai kegiatan positif sebagai bekal keterampilan kemandirian terus diberikan jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

Bertempat di aula utama Lapas Tanjungpandan, para WBP mendapat ilmu pelatihan dasar bonsai yang merupakan ide pejabat baru Kasi Binapi Giatja Hardiansyah, Sabtu (10/4/2021).

Kali ini Lapas menggandeng komunitas Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Belitung yang mendatangkan para narasumber dengan pengalaman.

Dalam sambutannya Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan diwakili oleh Kasi Binapi Giatja Hardiansyah menyampaikan

"Bonsai ini memiliki nilai ekonomis yang terbilang baik, jadi sangat tepat jika keterampilan ini dibagikan kepada WBP sebagai bekal mereka untuk terjun ke tengah masyarakat.

Atas nama Lapas Kelas IIB Tanjungpandan saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia  yang telah berkolaborasi dengan sangat baik untuk memberikan yang terbaik bagi WBP," ujar Kasi Binapi Giatja Hardiansyah mewakili Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Sementara itu Sekretaris PPBI Cabang Belitung Hendrik mengatakan tanaman bonsai sebenarnya berasal dari negeri China tapi sangat berkembang sekali di Jepang, maka dari itu banyak tekni bonsai yang berasal dari Negeri Sakura itu.

Sebagai miniatur pohon besar, bonsai memang memerlukan perawatan intensif dan ketelatenan dalam penyiraman, pemberian nutrisi juga perawatan lainnya.

Karenanya, harga bonsai pun dibanderol hingga jutaan rupiah.

"Kegiatan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Belitung yang saat ini menjalani masa pembinaan sehingga kelak menjadi bekal berharga bagi mereka.

Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar membangun pariwisata, seni bonsai ini merupakan salah satu magnet untuk menarik wisatawan ke Belitung dengan menggelar berbagai kegiatan seperti kontes," ujar Hendrik. (posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved