Breaking News:

Berita Belitung

Kapal Puskesmas Keliling Sebagai Pertolongan Pertama, Begini Bentuknya 

Kapal fiber berbobot sekitar tiga grosstone (GT), warna putih, Sabtu (10/4/2021) tertambat di Perairan Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten

posbelitung.co
Marine Ambulance Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, sabtu (10/4) terparkir di pesisir pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk. (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kapal fiber berbobot sekitar tiga grosstone (GT), warna putih, Sabtu (10/4/2021) tertambat di Perairan Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Kapal bermesin stempel itu, memiliki tulisan Puskesmas Keliling pada lambung bagian kiri dan kanan.

Kapal dikelola Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga itu, biasa beroperasi pada Sabtu dan Minggu. Setiap beroperasi, terdapat lima pulau menjadi tujuan kapal tersebut, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Pasir, Pulau Kepayang dan Pulau Burung.

Kapal berkapasitas delapan orang ini, punya enam kru ketika di operasikan, captain kapal, ABK, perawat dan dokter serta basarnas Pos Sar Belitung. Kapal ini berfungsi sebagai ambulance air, untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Belitung.

"Kami pilih sabtu dan minggu, karena pada hari itu pengunjung atau wisatawan biasa ramai. Kalau untuk hari lain, kami tetap standby, karena harus memenuhi pelayanan juga di Puskesmas," kata Dokter Ambulance Air Puskemas Pariwisatanya Tanjung Binga, dr Erick kepada Posbelitung.co, Sabtu (10/4/2021).

Ambulance air ini, dilengkapi tabung oksigen, tandu darurat, satu bed permanen untuk pasien, kipas angin, dan empat unit tempat duduk. Setiap melakukan patroli, petugas medis membawa perlengkapan berupa obat - obatan serta keperluan lain, untuk pertolongan pertama.

"Kalau misalkan sifat nya, seperti tertusuk bulu babi itu bisa kami tangani langsung di lokasi. Tapi kalau misalkan emergency, tetap kami bawa ke Puskesmas menggunakan mobil ambulans, yang standby pinggir pantai," ujarnya.

Setiap kali beroperasi, ambulans air ini hanya melakukan patroli sekitar satu hingga dua jam. Setelah itu, kapal ini akan standby menunggu dipesisir Pantai Tanjung Kelayang.

"Kami juga sudah menyediakan nomor darurat, jadi ketika ada emergency akan langsung ke lokasi. Semua pemandu kapal wisata disini sudah punya nomor yang dituju," jelasnya.

Ambulance air ini, kali pertama dioperasikan hari ini, setelah Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga diresmikan tertanggal 30 Maret 2021 lalu.

"Iya ini perdana. Kami tidak bisa setiap hari mengoperasikan ini, pertama karena kami harus mengisi pelayanan lain di Puskesmas, dan kedua operasional kapal ini untuk satu kali patroli cukup besar," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved