Breaking News:

Berita Belitung Timur

15 Desa di Belitung Timur Belum Berstatus ODF, Bupati Minta Tahun Ini Beres !

Sebanyak 15 desa di Belitung Timur saat ini belum berstatus Open Defecation Free (ODF).

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Burhanudin saat memberikan arahan dalam acara tersebut, Senin (12/4/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Sebanyak 15 desa di Belitung Timur saat ini belum berstatus Open Defecation Free (ODF).

Open Defecation Free (ODF) Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Hal ini dikatakan Bupati Belitung Timur Burhanudin saat membuka kegiatan Rembug Desa ODF/Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Senin (12/4/2021) di Auditorium Zahari MZ.

Dalam acara yang dihadiri oleh kepala desa dan camat itu Bupati Burhanudin menegaskan bahwa tahun 2021 harus beres semua.

Burhanudin menyebutkan, tidak ada lagi alasan-alasan yang menunda status ODF ini.

"Saya minta segera selesaikan segala urusan ODF ini. Yang tak menyelesaikannya akan diganjar penghargaan saat upacara 17 Agustus nanti di depan semua orang supaya ada rasa malu," tegas Burhanudin.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengatakan dalam mencapai status ODF sebenarnya tidak ada kendala berarti.

Menurutnya, ada beberapa poin yang harus disiapkan, seperti ada beberapa warga tak mampu yang masih belum memiliki jamban bersih. Kadang, lanjutnya, meski sudah ada jamban bersih tapi tetap tidak BAB di tempatnya.

"Hal seperti itu yang harus diedukasi oleh desa setempat. Itu menjadi PR kita bersama. Makanya dalam acara ini kita akan menyepahamkan dan menyepakati poin-poin dan kendalanya," kata Yulhaidir.

Atas tantangan Bupati Burhanudin bahwa tahun ini harus beres, Yulhaidir mengaku siap melaksanakannya.

Ia menargetkan minimal tahun ini bisa selesai semua.

"Tadi juga sudah bilang, minimal empat kecamatan yang sudah ODF. Itu yang akan kita kejar demi mewujudkan Belitung Timur sebagai kabupaten sehat," kata Yulhaidir. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved