Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bupati Beltim Siapkan Hadiah Rp5 Juta Bagi yang Bisa Memotret Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan

Bupati Burhanudin mengadakan sayembara berhadiah Rp5 juta bagi orang yang mampu memotret pembuang sampah sembarangan.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Bupati Belitung Timur Burhanudin ditemui posbelitung.co, Senin (12/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Inovasi dan percepatan pembangunan daerah bakal terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Kali ini, Bupati Burhanudin mengadakan sayembara berhadiah Rp5 juta bagi orang yang mampu memotret pembuang sampah sembarangan.

Ditemui posbelitung.co, Senin (12/4/2021) seusai kegiatan Rembug Desa Bebas BAB Sembarangan di Auditorium Zahari MZ, Burhanudin mengatakan sayembara ini bertujuan meningkatkan kesadaran orang agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita lihat di tepi-tepi jalan besar banyak sekali sampah yang bukan pada tempatnya. Ini kan ibukota sekaligus wajah kabupaten, harus cantik dan bersih," kata Burhanudin.

Ia mengatakan hadiah ini berlaku bagi mereka yang memiliki bukti seperti foto dan video. Bagi mereka yang memiliki bukti terlampir, Burhanudin menyilakan datang ke kantor bupati. Sementara ini sayembara hanya berlaku di Kota Manggar.

"Nanti akan kami kroscek apakah benar itu asli atau sandiwara demi mendapatkan hadiah. Kami akan kroscek dan selektif. Tapi yang pasti harapannya dengan adanya sayembara ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih," kata Burhanudin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar mengatakan akan mendukung sayembara dari bupati tersebut. Ia meminta kesadaran masyarakat soal kesadaran membuang sampah di tempat sampah.

Ia mengaku jika soal sampah pihaknya tidak akan bisa menanganinya sendirian, baik dari segi anggaran maupun sumber daya manusianya.

"Kami juga akan terus berkoordinasi kepada para kepala desa agar membantu menyosialisasikan sadar buang sampah di tempat sampah ini kepada warganya," kata Novis.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved