Breaking News:

Desa STBM Wujudkan Belitung Timur Kabupaten Sehat

DINAS Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur menggelar kegiatan Rembug Desa Open Defecation Free (ODF)

Desa STBM Wujudkan Belitung Timur Kabupaten Sehat - rembug-desa-odfstbm-a.jpg
Pos Belitung/Bryan Bimantoro
REMBUG DESA ODF/STBM - Bupati Belitung Timur Burhanudin, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur Yulhaidir, dan sejumlah pejabat lainnya, berfoto bersama dalam acara Rembug Desa ODF/STBM di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Senin (12/41).
Desa STBM Wujudkan Belitung Timur Kabupaten Sehat - menerima-penghargaan-b.jpg
Pos Belitung/Bryan Bimantoro
MENERIMA PENGHARGAAN - Camat Kelapa Kampit Syahril menerima penghargaan dari Bupati Belitung Timur Nurhanudin sebagai kecamatan dengan sanitasi terbaik di Belitung Timur dalam acara Rembug Desa ODF/STBM di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Senin (12/4).

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar kegiatan Rembug Desa Open Defecation Free (ODF)/Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Senin (12/4/2021).

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengemukakan, kegiatan ini sebagai satu komitmen dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sehat STBM.

Dalam mewujudkan itu, lanjut Yulhaidir, tentu ada peran serta stakeholders lain dalam, hal ini desa dan kecamatan. Oleh sebab itu, Rembug Desa ODF/STBM dihadiri oleh mereka supaya bisa sepakat atas terwujudnya komitmen bersama ini.

“Hari ini menyatukan pandangan dan menyepakati hal-hal yang menjadi poin penting. Ada pemdes dan camat semoga terjadi penguatan terhadap tataran menuju kabupaten sehat,” kata Yulhaidir.

Dalam mewujudkannya, Yulhaidir mengatakan ada lima pilar yang harus dipenuhi. Yakni, setop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga, serta pengolahan limbah cair rumah tangga.

Yulhaidir menjelaskan, pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit. Seperti diare, tifus, muntaber, disentri, cacingan, dan gatal-gatal. Selain itu, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air, bau busuk, dan estetika.

“Karena itu penting bagi setiap desa berstatus ODF. Saat ini baru 24 dari 39 desa yang sudah menyandang status tersebut. Ini akan jadi PR kita bersama,” kata Yulhaidir.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin dalam sambutannya menekankan kepada kepala desa khususnya, serta seluruh stakeholder terkait dalam perwujudan Desa STBM umumnya, agar bersama-sama melakukan tugas dan fungsinya dalam upaya bersama mewujudkan Desa STBM di Kabupaten Belitung Timur.
“Jadi tidak hanya memfokuskan pada pilar pertama saja, namun keseluruhan pilar dari STBM tersebut harus dapat diupayakan sesegera mungkin,” ujarnya.

Bupati Beltim, Burhanudin mengatakan, penyelenggaraan kegiatan STBM menjadi ujung tombak terwujudnya Kabupaten Sehat bagi Masyarakat Belitung Timur. Harapan ini tentunya sulit terwujud tanpa adanya sinergisitas dari seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, pihak swasta, dan utamanya masyarakat itu sendiri.

Bupati Burhanudin pun mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran diri, semangat, serta membulatkan tekad untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dari diri, keluarga, serta diharapkan dapat menular ke lingkungan sekitar, sehingga secara bersama-sama mewujudkan Belitung Timur Kabupaten Sehat. (Advertorial/s1)

Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved