Breaking News:

Berita Belitung Timur

Polri Launching Aplikasi Sinar, Warga Perpanjangan SIM Tak Perlu ke Satpas Lagi

Kasat Lantas Polres Belitung Timur AKP Sugraito mengatakan hari ini Selasa (13/4/2021) Polri melaunching aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
Istimewa
SEORANG warga Semulut, Bangka Barat menunjukkan SIM yang baru dia buat beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kasat Lantas Polres Belitung Timur AKP Sugraito mengatakan hari ini Selasa (13/4/2021) Polri melaunching aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar).

Dia mengatakan, aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk memperpanjang SIM tanpa harus ke Satpas kantor polisi.

"Seluruh proses hanya berada di genggamam tangan. Jadi tidak perlu ke satpas lagi. Ini juga untuk mencegah adanya pungli di lingkungan Polri," kata Kasat Lantas.

AKP Sugraito, menjelaskan program ini hanya berlaku bagi perpanjangan saja, bukan pembuatan SIM baru. Karena ia menegaskan kalau membuat baru harus tetap menjalankan ujian praktik.

Dia menjelaskan dalam aplikasi itu ada beberapa prosedur yang dilalui yaitu harus memverifikasi e-KTP dan nomor telepon, mengisi data diri, mengupload foto SIM lama, sampai ke pengisian nomor rekening bank untuk keperluan pembayaran.

Selain itu, ada juga persyaratan yang harus dilampirkan yaitu surat kesehatan dan surat tes psikologi.

AKP Sugraito bilang bahwa pihaknya akan menunjuk klinik yang bisa membuat surat kesehatan tersebut sedangkan tes psikologi akan langsung dites secara online.

"Dalam menyukseskan program ini kami juga sudah melakukan MoU dengan PT Pos Indonesia dalam mengirimkan SIM yang sudah jadi. Namun tetap ada pilihan bagi pembuat SIM untuk bisa diambil sendiri jika tidak mau menambah membayar ongkir," lanjutnya.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan secara optimal aplikasi ini karena bisa memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu berkontak dengan orang banyak di masa pandemi seperti sekarang ini.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved