Breaking News:

Wawanca Ekslusif

Wawancara Eksklusif, Cukup atau Tidak APBD Belitung Rp1,1 Triliun untuk Pemulihan Ekonomi

Pemerintah Kabupaten Belitung memiliki APBD sebesar Rp1,1 Triliun. Dana sebesar itu, sebagian besar akan dialokasikan untuk pemulihan ekonomi.

Pos Belitung/Disa Aryandi
H MZ Hendra Caya 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pandemi Covid-19 sudah dialami Kabupaten Belitung sejak Maret 2020. Dampak dari pandemi itu, berbagai sektor seperti pariwisata, perhubungan, perikanan dan pertanian serta perkebunan mengalami penurunan drastis. Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor-sektor itu, menurun hampir 50 persen.

Menyikapi situasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Belitung sempat "memutar akal" untuk menciptakan sumber lain, agar APBD Kabupaten Belitung pada tahun 2021 tetap stabil. Sebab berapa besar APBD ini, sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat pada umumnya.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Belitung memiliki APBD sebesar Rp1,1 Triliun. Dana sebesar itu, sebagian besar akan dialokasikan untuk pemulihan ekonomi di Kabupaten Belitung pada berbagai sektor.

Berikut hasil wawancara eksklusif jurnalis Pos Belitung Disa Aryandi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya, tentang cukup atau tidaknya APBD Belitung untuk pemulihan ekonomi?

Total APBD Belitung dan perbandingan dari tahun 2020?

Total APBD Belitung tahun 2021 ini tidak jauh berbeda dibandingkan tahun 2020 lalu, Rp 1,1 triliun lebih.

Sumber PAD paling tinggi, mengingat beberapa sektor unggulan seperti pariwisata sempat lemah, lantaran terdampak Covid-19?

Sumber pendapatan Belitung, walaupun di tengah pandemi covid-19, paling tertinggi yaitu dari sumber pajak bumi dan bangunan (PBB), itu sekitar Rp7 miliar atau realisasi hampir 120 persen.
Alhamdulillah masyarakat Belitung luar biasa, kami ucapkan terima kasih, karena masyarakat melakukan kewajiban pembayaran pajak.

APBD sebesar Rp1,1 triliun itu, dalam berbagai rencana belanja anggaran sudah ditentukan. Berapa porsi pembangian belanja daerah?

Untuk belanja APBD itu sudah ditetapkan dari Pemerintah Pusat. Pertama untuk program pendidikan itu sudah ditetapkan 20 persen dari total APBD. Realisasi Belitung 26 persen lebih.
Kedua kesehatan, itu ditetapkan minimal 10 persen. Realisasi Belitung 18 persen. Ketiga untuk pemulihan ekonomi termasuk di dalamnya sektor perikanan, KUKM, pertanian, peternakan, sekitar 20 persen dari total APBD.
di samping perbaikan infrastruktur, seperti jalan yang menghubungkan jalan satu ke jalan lain. Sehingga masyarakat Belitung bisa tetap menikmati.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved