Breaking News:

Berita Belitung

ASPPI Babel Teken MoU dengan Desa Wisata Burong Mandi Dan Desa Wisata Kreatif Terong

ASPPI Babel melakukan penandatangan MoU dengan Desa Wisata Burong Mandi, Belitung Timur dan Desa Wisata Kreatif Terong Belitung, Selasa (14/4/2021).

(IST/Dok DPD ASPPI Babel)
Jajaran DPD ASPPI Babel melakukan MoU dengan Desa Wisata Burong Mandi dan Desa Wisata Kreatif Terong, Selasa (14/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Desa Wisata Burong Mandi, Belitung Timur dan Desa Wisata Kreatif Terong Belitung, Selasa (14/4/2021).

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Ketua ASPPI DPD Babel Indah Permata Sari dengan Kades Desa Burung Mandi Sudarsono dan Agnesvalvo Hardian, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Terong.

Program yang dilakukan ASPPI Babel ini merupakan implementasi dari program Pendampingan Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dan dua desa tersebut termasuk bagian dari 67 desa se-Indonesia yang dipilih dari Kemenparekraf.

"Pendampingan tidak akan mengubah tatanan yang sudah ada. Tetapi akan dilihat apa yang dibutuhkan oleh desa tersebut. Misal butuh pendampingan pemandu wisata. Supaya mereka lebih profesional," kata Indah.

Sementara itu, Kades Burung Mandi Sudarsono sangat antusias karena menginginkan desa wisata mereka lebih maju, berbeda dari desa wisata lainnya.

Bahkan penandatangan disaksikan oleh Kadisparbud Belitung Timur Evi Nardi yang juga mendukung program tersebut demi mendorong desa wisata menjadi desa mandiri.

"Selama ini belun jalan sebagaimana yang diinginkan. Harus lebih di dorong lagi agar lebih maju dan dikenal dari wisatawan," ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPP ASPPI Agus Pahlevi menjelaskan dari 700 desa wisata yang dipilih se-Indonesia, mengerucut menjadi 244 desa dan akhirnya 67 desa wisata.

Kemudian, Kemenparekraf menggandeng 14 asosiasi pariwisata Indonesia dan 20 akademisi untuk melakukan pendampingan salah satunya oleh ASPPI.

"Akan disesuaikan dengan kebutuhan desa tersebut. Desa Wisata Burong Mandi membutuhkan pendampingan di homestay dan restoran. ASPPI adalah organisasi profesi, anggotanya dari berbagai kalangan dunia pariwisata yang memiliki kompetensi dibidangnya. Ada dari hotel, toko oleh-oleh, travel agent, pemandu wisata, airlines," katanya.

Sementara itu, penandatangan Mou di Desa Wisata Kreatif Terong dihadiri Kades Suhaimi, Ketua Pokdarwis juga dari BPD Terong Iswandi.

Kades Terong Suhaimi menyambut baik kerjasama tersebut dengan harapan desa mereka akan lebih berkembang dengan memanfaatkan sektor pariwisata.

(posbelitung.co /dede s)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved