Breaking News:

Ramadhan 2021

Masjid Al Muqorrobin Desa Air Merbau Belitung, Aktif 24 Jam dan Utamakan Pengkaderan

Di bawah tahun 2017, rumah ibadah ini hanya Surau Al Muqorrobin, dengan ukuran bangunan induk sekitar tiga kali tiga meter.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pagar depan berwarna abu-abu dengan taman kecil menjang di bawahnya menyambut setiap tamu yang datang ke rumah ibadah itu.

Bangunan induk berwarna kuning, dan bagian belakang ada teras sangat luas, masing-masing di kiri dan kanan, dengan lebar sekitar tiga meter.

Apabila menenggak sedikit ke arah langit, terlihat dua kubah berbahan logam. Pada bagian belakang bangunan ini, terdapat berbagai ruangan kelas. Fungsi ruangan itu, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA).

Itulah sepintas bentuk bangunan Masjid Al Muqorrobin, Jalan Kerja, Desa Air Merbau, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Masjid tersebut, baru dibangunan untuk diperbesar pada tahun 2017 lalu.

Di bawah tahun 2017, rumah ibadah ini hanya Surau Al Muqorrobin, dengan ukuran bangunan induk sekitar tiga kali tiga meter.

Surau itu, sudah dibangun oleh warga sekitar secara gotong royong pada tahun 1980.

"Ya jadi ini bangunan baru. Mulai dibangun pada Maret 2017, dan selesai dibangun Oktober 2017. Jadi sudah berjalan hampir empat tahun, tapi baru dioperasionalkan untuk Jumatan, Agustus 2018," kata Ketua Masjid Al Muqorrobin Desa Air Merbau, H Asmaie kepada Posbelitung.co, Rabu (14/4/2021).

Bangunan induk Masjid ini, sekitar enam kali enam, dan bisa menampung 500 jemaah secara keseluruhan. Apabila ditambah pada bagian teras, hingga ke samping kiri kanan, bisa lebih dari 1.000 jamaah.

Selama Ramadhan 1442 hijriah, terdapat berbagai kegiatan di Masjid Al Muqorrobin tersebut. Selain melaksanakan salat wajib dan tarawih, Masjid ini setiap malam menggelar Tadarus Al- Qur'an.

Kemudian, pada sore hari remaja Masjid melaksanakan Tausiyah Ramadhan dan dilanjutkan berbuka puasa, disamping lagi ada remaja masjid membuka kegiatan kampung Ramadhan.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved