Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pemkab Belitung Timur Tetapkan Zakat Fitrah Tahun 2021 Sebesar Rp 32.500

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menetapkan zakat fitrah sebesar Rp 32.500 atau beras seberat 2,5 kilogram per jiwa untuk tahun 2021.

Dok/Baznas Beltim
Pengurus BAZNAS Belitung Timur saat menyalurkan zakat kepada yang berhak beberapa waktu lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menetapkan zakat fitrah sebesar Rp 32.500 atau beras seberat 2,5 kilogram per jiwa untuk tahun 2021.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Belitung Timur nomor 451/016/II/2021 tentang Standar Zakat Fitrah tahun 1442H/2021.

Ditemui Posbelitung.co di sebuah acara, Rabu (14/4/2021), Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan besaran ini ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah dalam rapat lintas sektoral antara pemerintah dengan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kementerian Agama, MUI, dan lainnya.

Burhanudin mengatakan, angka tersebut ditetapkan mempertimbangkan hasil survei harga beras di pasar serta pendapat yang berkembang dalam rapat tersebut.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat Muslim beriman, utamanya yang ASN agar menunaikan zakatnya kepada BAZNAS secara tepat waktu. Jangan menunggu sampai akhir Ramadan," kata Burhanudin.

Ia juga mengingatkan kepada pengurus dan lembaga penerima zakat agar dalam pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan.

Hal itu demi mencegah penyebaran virus corona di Belitung Timur.

"Pakai masker, sarung tangan, sediakan tempat cuci tangan di depan biar menekan risiko penyebaran covid-19. Mari kita tunaikan kewajiban kita secara aman," imbau Burhanudin.

Dihubungi terpisah, Ketua Baznas Belitung Timur M Thohardjo mengatakan siap menerima zakat fitrah dari masyarakat.

Dia juga tidak menutup pintu bagi yang ingin menunaikan zakat mal kepada pihaknya.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved