Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bangun Galeri UMKM Bernama Tanjung Seloekat di Pantai Serdang, Pakai Dana APBN Rp 700 Juta

Belitung Timur akan membangun gedung galeri UMKM yang baru dalam waktu dekat. Galeri ini akan dibangun di kawasan Pantai Serdang.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Suasana rapat pembahasan pembangunan gedung galeri di Kawasan Pantai Serdang, Kamis (15/4/2021) di Ruang Rapat Gunung Lumut Bappelitbangda Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Belitung Timur Bayu Priyambodo mengatakan Belitung Timur akan membangun gedung galeri UMKM yang baru dalam waktu dekat. Galeri ini akan dibangun di kawasan Pantai Serdang, Desa Baru, Manggar.

Menurutnya,  galeri ini akan dibangun memakai pembiayaan dari APBN lewat program KotaKu dengan anggaran lebih kurang Rp 700 juta.

Dalam pelaksanaan dan pengelolaannya, lanjut Bayu, akan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat setempat. Soal lahan juga menurutnya sudah disiapkan oleh pemerintah desa setempat.

"Karena itu di sini turut hadir Pokdarwis Serdang Berantai yang nantinya akan mengelola galeri ini didampingi dengan konsultan manajemen. Program ini sebagai bentuk penguatan kehidupan berkelanjutan di Desa Baru," ujar Bayu saat ditemui Posbelitung.co, Kamis (15/4/2021) usai rapat dengan pihak-pihak terkait pembangunan Galeri UMKM.

Bayu menjelaskan di dalam galeri tersebut nanti akan menjual produk-produk olahan masyarakat sehingga orang yang datang ke Pantai Serdang tak hanya datang, tapi juga berbelanja di galeri ini.

"Harapannya nanti saat pariwisata kembali normal setelah pandemi, galeri ini bisa jadi tempat belanja wisatawan," harap Bayu.

Ketua Pokdarwis Serdang Berantai Toto Iswanto mengatakan ide pembangunan galeri ini berangkat dari pengurus pokdarwis berdasarkan pemikiran bersama.

Toto menilai galeri ini sangat penting. Ia mengatakan saat pandemi sekarang ini semua daerah setara dari segi pariwisata. Lalu pada saat pandemi usai, daerah yang siap dan mampu bersaing itulah yang bisa maju.

"Kalau berkaitan dengan pariwisata maka galeri akan lebih cocok. Galeri ini rencananya kami beri nama Tanjung Seloekat. Jadi nama ini erat kaitannya dengan sejarah pantai serdang dan orang-orang yang berjasa di tempat tersebut. Jadi bisa menggaet pewisata sejarah juga ke Belitung Timur," kata Toto.

"Selain itu, galeri ini juga akan menjual produk lokal hingga paket-paket wisata. Di situ juga kami merencanakan akan membuat ruang besar yang bisa digunakan sebagai tempat meeting dan semacamnya," kata Toto.

Soal desain bangunan ia mengatakan masih perlu pembenahan dari apa yang ditampilkan dalam rapat tersebut. Ia ingin orang yang datang harus melihat dulu barang dagangan sebelum naik ke lantai atas sehingga produk lokal masyarakat bisa dibeli pengunjung.

Toto mengatakan, galeri ini nantinya tidak akan dijadikan penadah yang artinya menjual produk masyarakat yang harganya sudah dinaikkan. Ia ingin nantinya harga produk yang dijual di galeri sama dengan harga dari produsennya langsung.

"Kita bakal targetkan ini ke pasar lokal dulu. Nanti seiring berjalan waktu akan kita pikirkan pengembangan-pengembangan yang diperlukan," ungkap Toto.

Ia berharap pembangunan galeri ini bisa lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak agar Kawasan Pantai Serdang menjadi pusat baru pariwisata di Belitung Timur. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved