Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Hari Ini 150 Pedagang Pasar Tanjungpan dan dan Pasar Hatta Divaksin, Tiga Hari Ditarget 400 Orang

Para pedagang Pasar Tradisional Tanjungpandan dan Pasar Hatta menerima vaksin Covid-19, di Gedung Nasional, Tanjungpadan

Posbelitung.co/Suharli
Kabid pencegahan pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Para pedagang Pasar Tradisional Tanjungpandan dan Pasar Hatta menerima vaksin Covid-19, di Gedung Nasional, Tanjungpadan.

Vaksinisasi dilaksanakan selama tiga hari mulai 15 April sampai dengan 17 April akan datang, dengan target pedagang yang di vaksin sejumlah 400 orang.

Kabid pencegahan pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono menyampaikan vaksinasi tahap 2 termin 1 pada pedagang itu  akan dilaksanakan secara bertahap, yakni hari Kamis sejumlah 150 Pedagang, kemudian Jumat  (16/4/2021) sejumlah 100 pedagang dan Sabtu (17/4/2021) sejumlah 150 pedagang.

Menurutnya Berdasarkan data yang masuk ada sebanyak 1.200 lebih pedagang yang ada di Belitung

Dia menjelaskan, pemberian vaksin kepada pedagangan dilakukan secara bertahap, karena ada keterbatasan jumlah vaksin yang diberikan kepada kabupaten Belitung.

"Jika termin selanjutnya sudah datang kami jadwalkan lagi (vaksinisasi), kami laksanakan bertahap,  karena jumlah vaksin yang datang tidak banyak," ujar Joko.

Dia menjelaskan, hal itu karena provinsi Babel itu termasuk dalam kategori hanya memperoleh porsi 30 persen dari stok nasional, sedangkan 70 persennya di drop ke Pulau Jawa hingga Bali.

Menanggapi posisi Belitung yang saat ini berada di zona merah, Joko berpendapat pandemi bisa dikendalikan dengan protokol kesehatan, vaksin merupakan satu diantara cara menyelesaikan pandemi Covid-19.

"Sehubungan karena vaksin yang datang tidak banyak oleh karenanya dinas kesehatan tetap terus menggalakan protokol kesehatan. Kedepan kami harap akan bergeser ke kuning, karena yang nentukan zona merah kuning ini dari BNPB pusat," ungkap Joko.

Selain pedagang sasaran vaksinasi tahap kedua ini adalah pelayanan publik dan Lansia. 

"Untuk lansia sudah dilaksankan pada Senin ( 12/4) lalu  di puskesmas Tanjungpandan yakni sebahyak 263 lansia," ujarnya.

Diakuinya, sasaran pada tahap dua ini cukup banyak yakni hingga 30 ribuan orang, hanya saja terkendala  dari ketersedian vaksin.

"Mungkin (vaksinasi) baru akan kancar setelah nanti bulan Juli akandatang," bebernya. 

(Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved