Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pohon Durian Setinggi 40 Meter di Belitung Timur Tumbang, Nyaris Hantam Dua Mobil dan Warung

Satu pohon durian berukuran tinggi sekitar 40 meter tumbang, Kamis (15/4/2021) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Ist/Memet
Pohon tumbang yang menghalangi jalan saat dievakuasi oleh warga setempat, Kamis (15/4/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Satu pohon durian berukuran tinggi sekitar 40 meter tumbang, Kamis (15/4/2021) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Pohon yang berlokasi di Dusun Air Ruak, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Renggiang, Belitung Timur ini tumbang dikarenakan angin kencang dan hujat lebat yang terjadi di kawasan itu.

Orang yang berada di sekitar lokasi Mohamad Made mengatakan saat itu dia mau mengantarkan jahe ke rumah pembelinya.

"Di depan saya itu ada dua mobil juga. Nah tiba-tiba pohon duriannya setinggi 40 meter roboh ke jalan. Untungnya mobil dan motor yang lewat tidak kena. Sekitar 5 meter dari pohon itu ada warung juga alhamdulillaah tidak kena," ungkap Memet sapaan akrabnya.

Memet menyebutkan saat itu dia langsung mengajak warga sekitar untuk mengevakuasi pohon tersebut karena menghalangi jalanan.

Kebetulan, lanjutnya, ada warga sekitar yang memiliki mesin sinso jadi pohon itu bisa dievakuasi secara cepat.

Dia juga sempat menelepon petugas namun karena masyarakat sudah gotong royong membantu mengamankan pohon tersebut jadi saat petugas datang sudah bersih dan jalan sudah bisa dilewati.

"Sekitar jam 14.00 WIB sudah bisa dilewati lagi oleh kendaraan," kata Memet.

Dihubungi terpisah, Kasi Kedaduratan dan Logistik BPBD Belitung Timur Surya Mulyana mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat ada hujan lebat disertai angin kencang.

Menurutnya saat ini badai siklon tengah mengancam wilayah Indonesia dan Bangka Belitung termasuk dalam provinsi yang harus siaga oleh BNPB.

"Kepada masyarakat yang memiliki pohon besar, tua, dan rentan tumbang silakan langsung menghubungi BPBD Beltim untuk ditebang supaya tidak membahayakan. Selalu waspada dan jangan lengah," pesannya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved