Breaking News:

Wiki Belitung

Wiki Belitung - Ikan Asin Cap Alam Lestari Oleh-oleh Khas Belitung, Sebulan Bisa Produksi Satu Ton

Ikan asin Alam Lestari dikemas rapi dengan plastik bening dan stiker logo, siap menjadi oleh-oleh wisatawan usai berlibur dari Negeri Laskar Pelangi.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pemilik UMKM Alam Lestari Rusdi Faisal saat menunjukkan produk ikan asin miliknya, Kamis (15/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Di rumahnya di Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan Rusdi Faisal atau akrab disapa Ampai memproduksi hingga menjual ikan asin yang dilabelinya Alam Lestari. Ada dua jenis ikan asin yang dijualnya, yaitu ikan asin jambal roti dan ikan asin kakap merah.

Ikan asin Alam Lestari dikemas rapi dengan plastik bening dan stiker logo, siap menjadi oleh-oleh ketika wisatawan usai berlibur dari Negeri Laskar Pelangi.

"Ikan asin ini enaknya saya engak bikin terlalu asin. Jadi juga enak buat dimasak dengan sayur," katanya, Kamis (15/4/2021)

Apalagi ikan asin ini bila disimpan dalam lemari pendingin bisa bertahan hingga setahun atau empat bulan pada suhu ruang.

Kata Ampai, konsumen tak perlu khawatir. Ikan asin miliknya diproduksi masih tradisional dengan dijemur matahari serta tak ada penambahan pengawet atau zat berbahaya.

Memproduksi sejak tahun 2000, UMKM Alam Lestari juga menjadi satu di antara pelopor usaha oleh-oleh khas Belitung. Tak heran jika banyak pula penggemar ikan asin ini, bahkan ia sempat mendapat pesanan hingga ke Pulau Sumatera, bahkan Jakarta dan sekitarnya.

Saking banyaknya penggemar ikan asinnya buat dijadikan buah tangan, sebelum pandemi, ia mampu memproduksi hingga satu ton ikan asin. Meski saat pandemi kini produksinya menurun hingga hanya sekitar 200 kilogram per bulan.

Tak hanya bisa didapatkan di toko oleh-oleh di Belitung saja, kini ikan asin ini juga bisa didapatkan melalui marketplace. Jadi, beli ikan asin khas Belitung bisa dari mana saja.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved