Breaking News:

Berita Belitung

Amoy, Wanita Terlantar Itu Kini Bisa Tinggal di Tempat Layak dan Punya Adminstrasi Kependudukan

Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung agar Amoy mendapat layanan BPJS Kesehatan yang dibiayai dari APBD kabupaten.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Lusiana alias Amoy saat menerima adminduk dari Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung Nurman Sunanda. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bangunan yang biasanya digunakan sebagai dapur, berukuran sekitar 1x3 meter ini menjadi tempat bernaung bagi Lusiana atau akrab disapa Amoy.

Bangunan yang terletak pada suatu pojok terminal Damri Tanjungpandan itu menjadi tempat tinggal janda 56 tahun ini selama empat bulan terakhir.

"Suami meninggal, ada anak perempuan satu, ikut suaminya ke Jakarta. Same-same susah lah," kata Amoy bercerita, Jumat (16/4/2021).

Tak hanya tinggal di tempat dengan kondisi yang memprihatikan, beberapa waktu terakhir dirinya pun tak bisa lagi bekerja. Lantaran tangannya sempat kesetrum hingga kini terasa tak bertenaga.

Menerima informasi terkait Amoy yang tinggal sendirian di sudut terminal lama, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung sempat menyambangi wanita tersebut.

"Kami ada laporan masyarakat bahwa ada orang terlantar di dapur terminal. Setelah dicek kediamannya tidak layak, bangunan juga suatu saat akan digunakan yang punya," kata Kabid Rehabilitasi, Perlindungan, dan Jaminan Sosial Mukromi.

"Setelah dapat informasi, kami asesmen dan pendataan, memang beliau ini masuk kategori memerlukan pelayanan sosial," imbuhnya.

Kata Romi, wanita mualaf ini, setelah dicek tak memiliki administrasi kependudukan sehingga pihaknya memfasilitasi pembuatan administrasi kependudukan berupa kartu keluarga dan KTP.

Pihaknya juga sekaligus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung agar Amoy mendapat layanan BPJS Kesehatan yang dibiayai dari APBD kabupaten.

Terkait tempat tinggal bagi warga yang terdata sebagai warga Kelurahan Parit ini, dinas tersebut juga mengupayakan agar mendapatkan tempat yang layak huni.

"Rencananya di LK3 dekat dinas ketahanan pangan dan pertanian. Kami sudah tawarkan saat ini, tinggal beliau mungkin ada yang ingin diselesaikan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung Nurman Sunanda, seusai menyerahkan administrasi kependudukan dan kartu BPJS kesehatan mengatakan agar jika ada yang membutuhkan dapat dilaporkan agar kemudian pihaknya bisa mencoba mengakomodir.

"Agar bersama-sama, disesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

"Tetap nanti mengupayakan beragam bantuan dengan berkoordinasi dengan sumber sosial dengan sektor terkait agar dapat membantu. Misal kalau tidak ada administrasi kependudukan, dibantu fasilitasi dengan dinas terkait, karena semuanya tidak langsung di dinas sosial," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved