Breaking News:

Berita Belitung

Geopark Belitong Berubah Nama Belitong UGG, Lolos Sidang Unesco

Geopark Belitong, kini sudah berubah menjadi Belitong Unesco Global Geopark (UGG).

Bangkapos.com/Resha Juhari
Lubang bekas galian tambang dikenal Open Pit di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur (Beltim) yang menjadi bagian dari usulan Geopark di Pulau Belitung. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Geopark Belitong, kini sudah berubah menjadi Belitong Unesco Global Geopark (UGG).

Perubahan nama itu, ditetapkan melalui sidang ke 211 oleh Dewan Eksekutif Unesco melalui virtual, kamis (15/4/2021).

Belitong UGG ditetapkan bersama tujuh nominasi lain mendapat rekomendasi dari Unesco Global Geopark Council (UGGC), agar diinkripso sebagai UGG baru.

Sidang UGGC, telah dilakukan pada tanggal 8 - 9 Desember 2020 lalu.

"Pandemi covid-19 menyebabkan UGGC tidak bisa mengevaluasi seluruh aplikasi geopark yang sudah diajukan. Geopark Belitong, menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif dan dimasukan ke dalam daftar UGG," kata Wakil Delegasi tetap Republik Indonesia untuk Unesco Prof Surya Rosa Putra melalui pers rilis diterima Posbelitung.co, Jumat (16/4).

Apa yang mengantarkan Belitong UGG?, kata alumni ITB 81 itu, lantaran Pulau Belitung secara keseluruhan memiliki  keberagaman geologis dan kepulauan di sekitarnya. 

Keberagaman tersebut, termasuk lanskap, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Belitung.‚Äč

Ditambah lagi, Belitung dinilai memiliki keunikan, lantaran ada keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis, dan budaya.

"Lanskap geologi Pulau Belitung yang unik, menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna. Di antaranya hanya ditemukan di Belitung, seperti ikan hampala dan ikan Toman," ucapnya.

Keanekaragaman hayati tersebut, kata dia, dikelola oleh masyarakat Belitung, seperti contoh pemanfaatan tanaman herbal.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved