Breaking News:

Berita Belitung

Sanem Sebut Pariwisata Belitung Kejar Branding, SDM Akan Ikut Berkembang

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan selama ini kepariwisataan selalu mengupayakan branding, regulasi, dan predikat.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Sosialisasi kepariwisataan oleh Poltekpar Palembang di Fairfield by Marriott Belitung, Jumat (16/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan selama ini kepariwisataan selalu mengupayakan branding, regulasi, dan predikat.

Agar keindahan daerah dengan julukan Negeri Laskar Pelangi ini bisa dikenal dengan banyaknya gelar yang disandang.

Seperti memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjungkelayang, sebagai satu dari kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), juga terpilih sebagai percontohan program perhutanan sosial.

Ditambah satu lagi predikat sebagai UNESCO Global Geopark yang akan resmi diraih pada 22 April 2021 mendatang.

"Sehingga orang penasaran dengan potensinya, lalu tertarik berkunjung, itu yang selama ini diupayakan. Karena ujungnya semua gelar bertujuan mengembangkan pariwisata," katanya, di sela kegiatan sosialisasi kepariwisataan di Fairfield by Marriott Belitung, Jumat (16/3/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Sanem ini, dulu sempat terjadi perdebatan antara mendahulukan pengembangan pariwisata atau pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Saya ibaratkan duluan ayam atau telur. Saya jelas memilih ayam, artinya pariwisata dulu sedangkan SDM bisa sembari berjalan. Alhamdulillah saat ini dapat dukungan dari akademisi yakni Politeknik Pariwisata, bisa membantu mengembangkan SDM kepariwisataan," imbuhnya.

Terkait status UGG yang bakal resmi dalam waktu dekat, pria yang pernah menjadi Camat Selat Nasik ini menyebut bahwa sebenarnya predikat tersebut justru berorientasi pada kelestarian lingkungan, keanekaragaman hayati, dan budaya yang merupakan warisan dunia.

Meski memang status tersebut diharapkan bisa memperkuat branding pariwisata Belitung yang memang mengangkat potensi alam dan pesona budaya.

"Makanya dalam hal ini, dengan penetapan 22 April ini, diharapkan pembekalan seputar persiapan menuju UGG," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved