Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tingkatkan Literasi,Panti Sosial BL Hijrah Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan Beltim Pinjam 50 Buku

Dinas Perpustakaan Belitung Timur meminjamkan 50 judul buku kepada Pojok Baca UPTD Panti Sosial Bina Laras Hijarah Dinsos Provinsi Bangka Belitung.

Ist/Fitrianto
Beberapa penerima manfaat PSBL Hijrah saat membaca buku di pojok baca beberapa waktu lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Perpustakaan Belitung Timur meminjamkan 50 judul buku kepada Pojok Baca UPTD Panti Sosial Bina Laras Hijarah Dinsos Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin mengatakan peminjaman buku ini sebagai bentuk menumbuhkan minat baca bagi penerima manfaat yang ada di panti sosial tersebut.

"50 buku ini disesuaikan dengan minat mereka. Misalnya buku tentang salat, wudhu, dan ibadah puasa. Buku soal pertanian dan bercocok tanam. Kemudian buku-buku cerita yang bisa menghibur dan mengisi waktu mereka," ungkap Amirudin kepada Posbelitung.co, Jumat (16/4/2021).

Amirudin berkomitmen akan selalu mendukung kegiatan yang positif apalagi menyangkut literasi. Dia berharap kerjasama ini terus berlanjut supaya literasi terhadap buku oleh penerima manfaat di panti itu bisa meningkat.

"Dari buku itu mereka juga bisa mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari. Misal membaca buku tentang menanam kangkung, setelah membaca mereka praktikkan. Itu juga tujuan kami yaitu transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang sedang gencar kami galakkan," kata Amirudin.

Beberapa penerima manfaat PSBL Hijrah saat membaca buku di pojok baca beberapa waktu lalu
Beberapa penerima manfaat PSBL Hijrah saat membaca buku di pojok baca beberapa waktu lalu (Ist/Fitrianto)

Dihubungi terpisah, Kepala Panti Sosial Bina Laras Hijrah UPTD Dinas Sosial Provinsi Babel Fitrianto mengatakan sejak dua hari 50 judul buku itu datang, penerima manfaat antusias mengunjungi pojok baca tersebut.

"Ada 19 penerima manfaat panti ini. Alhamdulillaah bisa untuk menambah wawasan mereka saat di waktu luang," katanya.

Menurutnya, kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dalam tujuan meningkatkan literasi ini rencananya akan terus dilakukan.

Hal itu karena ia ingin membuat penghuni panti agar bisa menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

"Di samping kegiatan yang sudah terjadwal, mereka bisa mengisi waktu dengan membaca buku. Hal ini saya pikir sangat positif untuk perkembangan wawasan mereka," ujar Fitrianto. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved