Breaking News:

Berita Belitung

Geopark Belitong Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark, Begini Tanggapan Pelaku Wisata

Ditetapkannya Geopark Belitong menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) mendapat sambutan baik pelaku wisata Belitung.

posbelitung.co
Pelaku wisata Belitung sekaligus Wakil Ketua Umum DPP ASPPI Agus Pahlevi, Sabtu (17/3/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Ditetapkannya Geopark Belitong menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) mendapat sambutan baik pelaku wisata Belitung. Lantaran geopark dapat berkembang sebagai geo-tourism yang berarti peluang baru berkaitan dengan produk wisata daerah berjulukan Negeri Laskar Pelangi ini.

"Adanya produk baru bisa memperluas ke segmentasi pasar baru dengan minat khusus. Wisatawan minat khusus ini merupakan wisatawan yang tidak berwisata seperti kebanyakan turis, tapi mereka punya spesifikasi khusus, misalnya datang untuk mempelajari atau meneliti biodiversitas, maupun budaya," kata pelaku wisata Belitung Agus Pahlevi, Sabtu (17/4/2021).

"Jadi geopark ini memperluas segmentasi dan memperkaya produk wisata," tambah pria yang sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) ini.

Para pelaku wisata, lanjutnya, siap bekerja sama dan berkolaborasi mengembangkan geopark menjadi geo-tourism.

Selanjutnya, penetapan status Geopark Belitong sebagai UGG juga menjadi momentum bagi pelaku wisata khususnya biro perjalanan agar menyesuaikan produk paket perjalanan ke geosite yang ada.

Juga memperkenalkan produk yang telah dibuat ke pangsa pasar melalui networking.

"Harapannya kalau kondisi kehidupan sudah normal, produk sudah siap diterima pasar. Promosi mulai sekarang, kalau kelamaan nanti orang keburu berkunjung ke tempat lain," ucapnya.

Di samping itu, kata Agus, kini pemerintah pusat tengah giat mengembangkan desa wisata. Berkaitan dengan ini, desa-desa wisata di Belitung juga ditetapkan sebagai geosite, sehingga arah pengembangan antara desa wisata dan geosite sudah matching atau tepat.

Ia juga berharap, setelah resminya Geopark Belitong, pemerintah agar jangan kendor, apalagi pariwisata menjadi hal sensitif. Tidak hanya berhubungan dengan politik, ekonomi, dan budaya, tapi juga kesehatan.

"Isu-isu negatif destinasi akan berdampak kondisi kunjungan wisatawan. Kami mengajak masyarakat Belitung, kalau ada isu negatif agar disikapi bijaksana, kita selesaikan bersama, karena bisa berdampak image Belitung ke luar, berikutnya banyak yang nanti ikut terdampak," katanya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved