Breaking News:

Berita Belitung

Loka POM Belitung Uji Kandungan Bahan Berbahaya pada Takjil di Tanjungpandan, Begini Hasilnya

Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Belitung menguji kandungan zat berbahaya pada sampel takjil atau makanan berbuka puasa di Belitung

posbelitung.co
Pengujian sampel makanan yang dilakukan Loka POM bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung di Belitung Food Street, Tanjungpandan, Sabtu (17/4/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Belitung menguji kandungan zat berbahaya pada sampel takjil atau makanan berbuka puasa di Belitung Food Street, Sabtu (17/4/2021). Sebelumnya, sampel makanan dibeli dari lapak-lapak penjual takjil di sekitar Jalan Sriwijaya dan Jalan Sijuk, Tanjungpandan.

"Kami membeli sampel yang dicurigai ada tambahan zat bahaya dalam makanan seperti boraks, formalin, methanyl yellow, dan rhodamin B. Kami beli sampel seperti otak-otak, pempek, tahu, dan makanan yang memiliki warna mencolok, kami menggunakan peralatan rapid test kit, sehingga bisa tahu yang diuji ini aman atau tidak," ujar Kepala Loka POM Belitung Singgih Prabowo Adi, Sabtu (17/4/2021).

Sejauh ini, lanjutnya, dari sampel yang telah diuji belum ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya. Dalam mengantisipasi hal tersebut, Loka POM akan terus mengawasi dan mengecek sampel takjil bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung rutin selama Ramadan. 

Selain di Kecamatan Tanjungpandan, pengecekan bahan berbahaya ini juga akan dilakukan di kecamatan lainnya seperti Sijuk dan Membalong yang kemungkinan dipasok oleh produsen berbeda.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata Singgih, makanan berbuka puasa di Belitung aman. Makanya ia berharap agar hasil pengecekan bisa terus negatif atau aman, sehingga masyarakat tidak perlu was-was.

Namun, jika ada temuan maka pihaknya akan ke penjual, lalu menelusuri produsen. Sanksi yang diberikan disesuaikan kondisi lapangan, mulai dari sanksi administratif sampai pada sanksi pidana.

Berikut tips memilih makanan takjil yang aman:

- Pastikan membeli di tempat yang bersih, tidak dekat dengan tempat pembuangan sampah
- Melihat dan mencurigai jika makanan berwarna mencolok. Jika ragu-ragu, bisa disampaikan ke Loka POM.
- Dimasa pandemi Covid-19, pastikan agar selalu menerapkan protokol kesehatan ketika membeli makanan berbuka puasa.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved