Breaking News:

Berita Belitung

Belitung Targetkan 2030 Eleminadi TBC

Kabupaten Belitung  saat ini telah memperoleh sertifikat bebas malaria dan filaria (kaki gajah).

Ist
ILUSTRASI tbc 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono menyampaikan Kabupaten Belitung  saat ini telah memperoleh sertifikat bebas malaria dan filaria (kaki gajah).

Namun, menurut joko tak hanya sampai disitu, bidang P2P Dinkes Belitung kedepan memiliki target pada 2030 akan datang sudah eleminasi Tuberkulosis (TBC).

"Itu mungkin masih sekitar 9 tahun kedepan. Itu adalah persiapan Eleminasi TBC, dalam hal ini bukan dalam arti di habiskan, tetapi ditekan angkanya, sehingga nanti keluar angka dari nasional, nah kabupaten tidak boleh melampaui angka yang ditetapkan nasional itu, itu pas 2030 akan datang," ujar Joko kepada posbelitung.co, (18/4/2021)

Dia menyampaikan  saat ini Indonesia termasuk dalam tiga 3 besar di dunia  untuk penderita terbanyak TBC.

Di Kabupaten Belitung, Menurutnya kasus TBC paling banyak ditemui di Tanjungpandan.

"karena konsentrasi penduduk di kecamatan Tanjungpandan lebih banyak, penemuan penderita  paling berat yaitu di Puskesmas Aik Saga, Puskes TanjungPandan dan Puskes Perawas, karena mereka ada di kecamatan ini kita ingin 9 tahun ini kita harus bisa temukan penderita sebanyak-banyaknya," ujar joko.

Dia menjelaskan TBC dengan covid sistem penularannya hampir sama, oleh karenya, Joko melanjut semakin cepat tenaga kesehatan menemukan penderitaan TBC  semakin cepat juga memutus rantai penularan.

"Ketika penderita TB kami temukan terus kami obatin dalam empat  minggu insyaAllah tidak menular lagi, walaupun belum sembuh ya karena sembuhnya enam bulan," ujarnya.

Joko mengatakan yang paling terpenting penemuan penderita TBC sedini mungkin, itulah menjadi kunci pemutus rantai penularan TBC.

Dia beperndapat penyakit menular secara langsung ini menularnya lebih cepat, daripada penyakit yang bersumber dari binatang  dia mencontohkan misalnya DBD. (posbelitung.co,suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved