Breaking News:

Berita Belitung

Cuaca di Belitung Dipengaruhi Kondisi Lokal Kepulauan

Siklon tropis surigae yang berada di Samudera Pasifik utara Papua Barat tidak berdampak signifikan terhadap cuaca Belitung.

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kepala UPT Meteorologi BMKG Buluh Tumbang Tanjungpandan Carles. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Siklon tropis surigae yang berada di Samudera Pasifik utara Papua Barat tidak berdampak signifikan terhadap cuaca Belitung.

Gambaran peta citra satelit juga bersih dengan kecepatan angin berkisar antara 11-20 knot.

Namun beberapa hari lalu, intensitas hujan disertai petir sering terjadi.

Menurut Kepala UPT Meteorologi BMKG Buluh Tumbang Tanjungpandan Carles, kondisi tersebut dikarenakan faktor lokal Belitung yang merupakan wilayah kepulauan.

"Bulan April sebenarnya Belitung masih musim hujan selain itu faktor lokal sangat dominan mempengaruhi cuaca. Karena kepulauan jadi angin laut bertiup dari segala arah yang mempercepat pertumbuhan awan konvektif,"  jelas Carles saat ditemui Posbelitung.co, Senin (19/4/2021).

Menurutnya,  pertumbuhan awan konvektif tersebut juga berpotensi menimbulkan sambaran petir.

Carles menjelaskan, cuaca ekstrem di Belitung biasanya berupa hujan disertai angin kencang dan petir yang sangat berpotensi tersebut akan lebih tinggi ketika memasuki hujan.

"Makanya kami mengimbau jika melihat pertumbuhan awan konventif, jangan menjadi objek yang paling tinggi. Untuk gedung kantor perhatikan lagi alat penangkal petirnya," kata Carles. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved