Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pulau Belitung Raih UNESCO Global Geopark, Fezzi Ingin Masyarakat Beltim Bukan Cuma Jadi Penonton

Pulau Belitong yang terdiri dari dua kabupaten yaitu Belitung Timur dan Belitung mendapatkan status UNESCO Global Geopark.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Belitung Jasagung Hariyadi dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fattah menemani asesor UNESCO Global Geopark, Jean-simon Pagès dan Dr. Andreas makan bedulang di rumah adat Belitung, Selasa (25/6/2019). Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pulau Belitong yang terdiri dari dua kabupaten yaitu Belitung Timur dan Belitung mendapatkan status UNESCO Global Geopark belum lama ini. Dengan status ini membuat Belitong sebagai daerah ke-6 di Indonesia yang mendapatkan pengakuan ini.

Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja menilai status ini sebagai suatu pecutan bagi dunia pariwisata di dua kabupaten di pulau ini. Karena menurutnya dengan status ini, maka orang-orang sedunia bakal melirik potensi pariwisatanya.

Dia ingin pasca pandemi virus corona nantinya pariwisata Belitung Timur bisa lebih maju beriringan dengan Belitung yang dunia pariwisatanya sudah maju.

"Pemerintah Belitung Timur harus kerja keras agar status ini tidak sia-sia. Saya pikir sektor pariwisata sangat banyak multiplier effectnya yang bisa membuat masyarakat sejahtera," ujar Fezzi saat ditemui media di ruang kerjanya, Senin (19/4/2021).

Ia menilai pembangunan pariwisata harus juga memikirkan dampaknya ke ekonomi kerakyatan bagi masyarakat. Jadi, lanjutnya, saat pariwisata Belitung Timur bangkit masyarakat tidak hanya menonton kebangkitan tersebut.

Ia menyarankan kepada pemerintah setempat agar mengeksplor kembali geosite-geosite di Belitung Timur supaya baik masyarakat dan wisatawan bisa dapat efeknya.

Ia mencontohkan di Kawasan Geosite Open Pit Kelapa Kampit, apa yang harus dijual di sana sehingga menarik orang ke sana.

"Bagaimana masyarakat sekitar situ bisa dapat keuntungan ekonomi dari wisatawan karena selama ini banyak yang berkunjung tapi mereka hanya melihat saja," tambahnya.

Fezzi bilang Belitung sudah unggul dari wisata bahari, maka Belitung Timur harus menonjolkan sisi lain supaya ada banyak pilihan wisata di Pulau Belitung.

Ia menilai Belitung Timur kaya akan wisata sejarah dan jalur rempahnya dan itu bisa dikembangkan sebagai daya tarik.

Lebih dari itu, ia ingin pemerintah menyiapkan pasar untuk produk UMKM masyarakat. Ia mengatakan banyak pelatihan ini itu namun setelah pelatihan usai, lalu masyarakat mempraktikkan apa yang sudah dilatih.

"Kemudian setelah produknya jadi mereka bingung karena tidak tahu mau dijual di mana. Contohnya miniatur kater itu unik sekali saya pikir. Tapi mereka tidak tahu mau dijual di mana. Ini lah tugas pemerintah yaitu menyiapkan pasar supaya para pelaku UMKM ini bisa bangkit dan berdaya dalam memanfaatkan momentum UNESCO Global Geopark ini," tutupnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
 

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved