Breaking News:

Berita Belitung

Saat Ramadhan, Harga Daging Sapi di Pasar Tanjungpandan Berangsur Naik, Kini Rp 140.000 Per Kilogram

Pada pekan pertama Ramadhan ini, harga daging sapi di Pasar Tanjungpandan mulai naik.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Penjual daging sapi di Pasar Tanjungpandan Hj. Sarkiya, Senin (19/4/2021). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pada pekan pertama Ramadhan ini, harga daging sapi di Pasar Tanjungpandan mulai naik.

Jika biasanya harga daging sapi murni Rp 130 ribu per kilogram, kini harganya Rp 140 ribu epr kilogram.

"Ini naik baru Rp 10.000, (hingga lebaran) pasti naik. Kalau tahun-tahun sebelumnya saat lebaran itu harga daging murni sekitar Rp 150-160 ribu," ungkap pedagang daging sapi di Pasar Tanjungpandan Hj Sarkiya, Senin (19/4/2021).

Saat bulan puasa, kata dia, memang terjadi peningkatan jumlah pembeli dibandingkan hari-hari biasa. Pada hari biasa, sebanyak 15-30 kilogram sapi laku terjual. Sementara kini, 30-40 kilogram daging terjual setiap harinya.

"Itu kalau tidak potong, kalau baru potong, habislah 150-180 kilo. Karena memang yang beli nambah, kalau puasa kan untuk berbuka atau sahur orang maunya yang enak," ujarnya.

Kenaikan harga daging sapi mulai terjadi sehari menjelang puasa.

Menurut H. Roni, penjual daging sapi di Pasar Tanjungpandan, selain meningkatnya permintaan selama Ramadan, kenaikan harga juga disebabkan mahalnya harga sapi di sentra.

Biasanya di sentra, sapi dijual Rp 45.000 per kilogram sapi hidup. Sementara sekarang Rp 52.000 hingga 54.000 per kilogram.

Meningkatnya harga sapi ini juga dikeluhkannya sebagai pedagang.

Selain itu, kini harga daging sapi impor juga turut naik hingga mencapai Rp 37.000 per kilogram, yakni dari Rp 70.000 kini Rp 102.000 hingga Rp 107.000.

Ini disebabkan karena pembatasan impor daging sapi. Akibatnya, ia belum berani memprediksi harga daging sapi pada lebaran nanti.

"Kendala kalau impor tidak dapat masuk, jadi susah meredam harga. Daging beku atau sapi hidup tidak dapat masuk, sampai saat ini belum bisa dari Australia. Kalau misalnya hidup dapat masuk, tidak masalah," ucap dia.

Sementara itu kondisi pembeli saat Ramadan memang meningkat dibandingkan hari biasa. Kini, per hari ia bisa menjual hingga Rp 200 kilogram daging sapi.

Padahal biasanya jumlah tersebut cukup untuk berjualan tiga hari. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved