Breaking News:

Berita Belitung

Dua Desa di Belitung Bangun Kantor dengan Pagu Hingga Rp 1 M, Hanya Satu Lantai Ukuran 23x13,5 m2

Dua desa di Kabupaten Belitung yaitu Desa Sijuk dan Badau menggelontorkan anggaran sekitar satu miliar untuk pembangunan kantor desa mereka.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dua desa di Kabupaten Belitung yaitu Desa Sijuk dan Badau menggelontorkan anggaran sekitar satu miliar untuk pembangunan kantor desa mereka.

Berdasarkan pengumuman lelang dari pemerintah Desa Sijuk pagu anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 1,1 miliar untuk membangun gedung satu lantai ukuran 23x13,5 meter persegi dengan tinggi empat meter.

Kepala Desa Sijuk Nasri saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya anggaran tersebut disiapkan dari tiga tahun pencadangan semenjak 2019 lalu.

"Anggaran ini sudah tiga tahun pencadangan, jadi 2019 itu mulai pencadangan anggaran, 2020 perencanaan dan 2021 ini lelang. Tahun pertama itu dicadangkan Rp 700 juta, tahun kedua Rp 400 juta dan tahun ini Rp 100 juta karena terpotong Covid-19," ungkap Nasri saat dihubungi Posbelitung.co , Selasa (20/4/2021).

Ia mengatakan, saat ini tim pelaksana kegiatan desa sedang menerbitkan pengumuman lelang untuk menyeleksi perusahaan kontraktor membangun kantor desa.

Pengumuman diterbitkan semenjak tanggal 19 sampai 23 April 2021 mendatang.

Menurut Nasri, sebelumnya pemdes sudah sosialisasi kepada masyarakat setempat menyarankan padat karya atau pembangunan dilakukan masyarakat setempat.

Namun terkendala pada proses pelaporan sehingga diputuskan pembangunan dilaksanakan oleh pihak ketiga.

"Sebulan kemarin kami berikan waktu untuk padat karya tunai tapi tidak ada yang siap karena terkendala pelaporan. Makanya kami buka untuk pihak ketiga, sekarang sudah ada empat sampai lima perusahaan,"ungkap Nasri.

Kemudian, demi kelancaran proses pembangunan pemdes juga berkoordinasi dan meminta pendampingan dengan pihak kejaksaan.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved