Breaking News:

Berita Belitung

Registrasi BPUM untuk Pelaku UKM Tinggal Tiga Hari dan Harus Daftar ke PLUT

Adnizar mengatakan, tahap pertama pendataan Bantuan Produk Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku UKM kini hampir selesai. 

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar, Kamis (2/7/2020). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUKMPTK) Kabupaten Belitung Adnizar mengatakan, tahap pertama pendataan Bantuan Produk Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku UKM kini hampir selesai. 

Deadline pendaftaran pelaku UKM tersebut ke petugas di PLUT Kabupaten Belitung, tertanggal 23 April 2021. Sekarang ini, terdata sekitar 900 orang pelaku UKM sudah selesaikan registrasi untuk tahap satu.

"Untuk yang di luar dari KUKM bisa mendaftar tetapi haru memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kementerian," kata Adnizar kepada Posbelitung.co, Selasa (20/4/2021).

Pelaku UKM yang ingin mendapatkan BPUM itu, kata dia, harus melakukan registrasi ulang di kantor PLUT Kabupaten Belitung. Daftar ulang itu, satu diantaranya untuk mendapatkan Jenis Usaha Mikro Kecil (JUMK).

"Termasuk produk nya harus dibawah saat daftar ulang. Nah UKM lama boleh daftar baru lagi, kalau tidak daftar ulang tidak dapat menerima bantuan. Ini yang daftar ulang sudah sekitar 900 orang," ujarnya.

Tahun 2020 lalu, BPUM ini terdata 6.000 orang mendapat bantuan. Ribuan orang yang menerima itu, bukan hanya dari kalangan UKM, tetap dari pemegang angsuran.

"Nah tahun ini lebih ketat lagi, harus KUKM. Kalau kemarin 6.000, kemungkinan tahun ini hanya 4.000, jadi ada penurunan dan itu sudah termasuk di pulau-pulau dan pendaftaran di PLUT itu, tidak boleh melalui whatsapp," bebernya.

Secara keseluruhan, pendataan BPUM untuk UKM ini ada tiga tahap. Tahap kedua dan tahap tiga, akan dilakukan setelah Idul Fitri, dan terakhir harus selesai pendataan sepenuh nya bulan September 2021.

"Itu semua harus selesai. Kalau penyaluran belum tau kapa, tapi nanti dari Kementerian langsung melalui BRI dan BNI. Nah untuk rekrutmen arahan dari Kementerian satu pintu," kata Adnizar.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved