Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bupati Burhanudin Tepuk Tangan Karena 54 Sampel Takjil di Belitung Timur Bebas Bahan Berbahaya

Alhamdulillaah tidak satupun pedagang maupun produsen kue takjil ini menjual dan membuat makanan yang mengandung bahan berbahaya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Bupati dan lainnya berfoto sambil menunjukkan sampel kue takjil yang bebas bahan berbahaya, Rabu (21/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Langkah tegap diayunkan Bupati Belitung Timur Burhanudin didampingi Wakil Bupati Khairil Anwar, Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Belitung Singgih Prabowo Adi, dan Kadinkes-PPKB Beltim Muhamad Yulhaidir di bawah sinar terik mentari pukul 14.10 WIB, Rabu (21/4/2021).

Dari halaman Terminal Manggar mereka berjalan menuju sebuah warung di pojokan tak jauh dari sana.

Di warung itu berjajar puluhan jenis kue takjil dan kudapan, berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Saat sampai, bupati langsung mengambil kue dan memasukkannya ke dalam plastik sambil sesekali Kepala Loka POM menunjuk kue yang harus dibawa.

Sebanyak 10 jenis kue sudah dibungkus ke dalam plastik dan siap untuk dites. Mereka bakal memastikan kue-kue tersebut apakah ada kandungan berbahaya, seperti formalin, pewarna, bahkan boraks atau tidak.

Di satu bilik Terminal Manggar sudah siaga dua petugas Loka POM Belitung berseragam biru muda. Di depan mereka banyak tabung dan cairan yang akan dicampurkan ke sampel kue takjil yang sudah dibeli bupati.

Sekitar 10 menit bupati menunggu sambil bergurau dengan wartawan, akhirnya didapatkan hasil bahwa semua sampel kue takjil dinyatakan aman dari bahan berbahaya. Sontak bupati, wakil bupati, dan hadirin tepuk tangan tanda gembira karena nihil bahan berbahaya di dalam kue yang diuji.

"Alhamdulillaah tidak satupun pedagang maupun produsen kue takjil ini menjual dan membuat makanan yang mengandung bahan berbahaya. Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi hal tersebut," ucap bupati.

Dia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membahayakan kesehatan dengan memproduksi kue berbahan berbahaya. Bupati mengaku bakal tegas menindak oknum yang bertindak demikian jika peringatannya tidak diacuhkan.

Ditemui di tempat yang sama, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar juga turut memesankan kepada masyarakat agar jangan ragu membeli kue takjil di Belitung Timur karena semuanya dijamin aman.

"Walaupun di masa pandemi, para penjual maupun pembuat kue ini tidak berpikir macam-macam untuk memasukkan unsur berbahaya ke dalam kue dalam produksinya. Jadi kepada masyarakat Belitung Timur silakan dibeli kue-kue ini sembari menguatkan ekonomi mereka. Ingat, tetap selalu menerapkan protokol kesehatan, baik pembeli maupun penjual," pesan Wabup Khairil.

Sementara itu, Kepala Loka POM Belitung Singgih Prabowo Adi mengatakan selain 10 sampel yang dibawa bupati, ada 44 sampel lainnya yang sudah diuji. 44 sampel ini berasal dari berbagai kecamatan di Belitung Timur.

"Kita bersyukur bahwa di Belitung Timur beberapa tahun terakhir ini memang aman dari bahan berbahaya. Saya harap ini bakal terus dipertahankan," harap Singgih. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved