Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bupati Belitung Timur Tidak Mau Geopark Belitong Hanya Euphoria, Dorong Masyarakat Punya Mindset

Geopark Belitong diputuskan lolos menjadi UNESCO Global Geopark belum lama ini hasil dari sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-211 di Paris, Prancis.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bukit Peramun menjadi satu dari sekian geosite yang termasuk dalam Geopark Belitung. Destinasi ini terletak di Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk yakni 19 kilometer dari Tanjungpandan, ibu kota Kabupaten Belitung atau 22 kilometer dari Bandara HAS Hanandjoeddin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Geopark Belitong diputuskan lolos menjadi UNESCO Global Geopark belum lama ini hasil dari sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-211 di Paris, Prancis. Geopark Belitong sendiri merupakan status yang diberikan untuk Pulau Belitung yang di dalamnya terdapat dua kabupaten, yaitu Belitung dan Belitung Timur.

Atas hal ini, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proses tercapainya status ini.

Ia mengatakan ini juga hasil sinergisitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dengan Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Kami sangat bangga dan bersyukur. Karena ini tidak gampang. Melalui pencapaian ini jadi semangat baru dan dorongan untuk memperkaya gagasan pengembangan pariwisata Belitung Timur," kata Bupati Burhanudin saat ditemui belum lama ini.

Dengan status ini, lanjutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan konservasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi tanggungjawab untuk bisa ditingkatkan.

Namun, ia berpandangan bahwa semua orang di Pulau Belitung ini harus punya pemikiran yang sama untuk memahami konsep geopark, termasuk para pelaku-pelaku usaha di sektor yang beririsan. Tanpa kesepahaman itu, status global ini tak akan bergerak banyak.

Bupati mengatakan Belitung Timur memiliki banyak geosite yang unggul, seperti Open Pit Nam Salu, Batu Satam, Tebat Rasau, Pantai Punai, dan lainnya. Dengan banyaknya objek itu, pelaku usaha termasuk di bidang wisata harus lebih mengeksplornya.

"Beltim dan Belitung sudah mulai bersatu soal geopark. Artinya tidak ada lagi yang dipermasalahkan antara dua daerah ini untuk pengembangan pariwisata, kecuali administrasi dan kebijakannya. Meski semikian, kalau soal kepentingan satu pulau harus bicara bersama," kata dia.

Ia berharap status geopark ini tidak hanya sebagai embel-embel tapi harus ada follow up ke depannya. Karena status ini hanya berlaku selama empat tahun dan setelah itu akan dilakukan penilaian ulang.

"Semoga pariwisata di Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur makin maju dengan adanya status ini," tambahnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved