Breaking News:

Berita Belitung Timur

Lembaga Kearsipan Daerah Belitung Timur Raih Predikat Memuaskan di Tingkat Nasional

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan pengawasan dan penilaian terhadap lembaga kearsipan di tingkat pusat

Posbelitung.co / BryanBimantoro
Kepala Dinas Perpustakaan Beltim Amirudin menunjukkan kartu anggota perpustakaan edisi khusus Hari Jadi ke-149 Kota Manggar, Rabu (7/10/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan pengawasan dan penilaian terhadap lembaga kearsipan di tingkat pusat sampai daerah lewat Pusat Akreditasi Kearsipan tahun 2020. 

Hasilnya Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) di Belitung Timur mendapatkan predikat Memuaskan. Dibandingkan dengan daerah lain di Kepulauan Bangka Belitung, Belitung Timur menjadi yang terbaik di antara semuanya.

Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin didampingi Kepala Bidang Kearsipan Rita Ratnasari mengatakan ini prestasi yang luar biasa karena ada tren peningkatan setiap tahunnya.

"Penilaian Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kita tahun 2017 hingga 2019 yaitu berpredikat kurang, cukup, dan sangat baik. Predikat memuaskan ini merupakan hasil kerja keras rekan kami di bidang kearsipan," kata Amirudin saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Kamis (22/4/2021).

Ia mengatakan ada beberapa aspek penilaian oleh ANRI kepada setiap LKD, yaitu kepatuhan perangkat daerah dalam melaksanakan inventarisir instrumen dasar, klasifikasi arsip, tata naskah dinas, akses arsip, sampai ke SDM kearsipan dan sarana prasarana kearsipan.

Amirudin bilang tujuan pengawasan kearsipan ini agar penyelenggaraan kearsipan di daerah sesuai dengan prinsip dan kaidah kearsipan. Hal itu karena untuk menjamin penyelenggaraan kearsipan dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Dari tahun ke tahun kami selalu berusaha mengevaluasi hal-hal yang menjadi catatan dalam laporan penilaian. Catatan itu yang kami perbaiki sehingga mendapatkan predikat ini. Semoga bisa terus kami pertahankan," harap Amirudin.

Dengan prestasi ini, ia berharap bidang kearsipan lebih diperhatikan oleh organisasi perangkat daerah lain sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal dalam melayani masyarakat.

Ia menilai bidang kearsipan memegang peranan yang sangat penting dalam suatu roda organisasi atau lembaga pemerintah karena arsip adalah sebagai bahan data atau informasi yang dapat dipercaya dan juga sebagai bahan ingatan dari suatu kegiatan organisasi.

Karena begitu pentingnya bidang kearsipan sebagai bahan informasi terpercaya, kata Amirudin, sehingga sangat perlu dukungan dari pemerintah daerah dan setiap OPD untuk mengembangkan lagi bidang kearsipan di Belitung Timur.

"Arsip sebagai simpul pemersatu bangsa. Arsip hilang aset melayang. Mari kita jaga dan kita rawat arsip karena sangat penting dan vital perannya bahkan dalam kehidupan sehari-hari," ajak Amirudin.

Sebagai informasi, LKD di Kabupaten Belitung mendapatkan predikat Cukup, Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka berpredikat Sangat Baik, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat predikat Cukup. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved