Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung dan BP Geopark Belitong Punya Strategi Pertahankan serta Kembangkan Geosite

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dan Ketua Badan Pengelola (BP) Geopark Belitong Yuspian sudah memiliki berbagai strategi terbaru.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bukit Peramun menjadi satu dari sekian geosite yang termasuk dalam Geopark Belitung. Destinasi ini terletak di Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk yakni 19 kilometer dari Tanjungpandan, ibu kota Kabupaten Belitung atau 22 kilometer dari Bandara HAS Hanandjoeddin. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dan Ketua Badan Pengelola (BP) Geopark Belitong Yuspian sudah memiliki berbagai strategi terbaru untuk mempertahankan, dan mengembangkan Belitong Unesco Global Geopark (UGG).

Satu diantara strategi tersebut, dengan cara mengembangkan geosite-geosite yang sudah ada sekarang ini.

Paling termuda, pengembangan tersebut geosite yang sekarang ini sudah berbentuk Hutan Kemasyarakatan (HKm).

"Karena di setiap HKm itu sudah pasti ada pengembangan - pengembangan. Misal seperti budidaya kepiting di HKm Juru Seberang, itu bisa dijadikan pusat budidaya kepiting, dan penelitian budidaya kepiting," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) pada acara Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Jumat (23/4/2021).

Strategi lain dalam pengembangan geosite itu, kata dia, melalui pemerintah desa, lantaran sekarang ini di wajibkan satu Desa satu destinasi wisata.

"Nah ini sebetulnya sudah berjalan, jadi kami tidak khawatir ketika di revalidasi 4 tahun kedepan, kami yakin tetap akan menyandang Belitong UGG," ujarnya.

Secara umum, strategi tersebut tentu akan dilakukan secara berjenjang. Terutama melalui komunikasi, dan memberikan pemahaman tentang geosite kepada keluarga komunitas tersebut.

"Termasuk untuk menularkan tentang ilmu geopark ini, sudah dilakukan melalui muatan lokal disetiap sekolah. Ini agar bisa memberikan pemahaman kepada pelaku wisata, stakeholder dan segala macam,"  ungkap Yuspian..

Selain itu, setelah menyandang status UGG ini BP Geopark Belitong akan melakukan pengembangan. Terutama di internal BP Geopark Belitong, yang sekarang ini harus mengikuti standar Unesco.

"Misal seperti lambang, tidak boleh hanya lambang Geopark Belitong saja, tapi juga harus lambang Unesco juga. Jadi hal-hal seperti itu harus jadi pembenahan kami juga," bebernya.

Halaman
1234
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved