Breaking News:

Berita Belitung

Geopark Belitong Menjadi Jalan Tengah Antara Konservasi dan Menyejahterakan Masyarakat

Ketua Badan Pengelola Geopark Belitong Yuspian pada Jumat (23/4/2021) mengatakan sebenarnya konsep geopark tidak terbatas pariwisata

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Jumat (23/4/2021). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Ketua Badan Pengelola Geopark Belitong Yuspian pada Jumat (23/4/2021) mengatakan sebenarnya konsep geopark tidak terbatas pariwisata. 

Namun dalam geopark ada tiga pilar utama yakni adanya warisan geologi, keragaman biologi, dan keragaman budaya.

Ketiga pilar ini menjadi satu kesatuan dan keterkaitan, sehingga konsep dalam pengembangan pilar utama ada norma yang ditetapkan UNESCO dengan cara konservasi, edukasi, dan dengan pemberdayaan ekonomi.

Dalam geopark ada prinsip dalam pengembangan geopark agar bisa melestarikan bumi dan menyejahterakan masyarakat atau manusia.

Konsep geopark menjadi jalan tengah, dalam kondisi selama ini yang selalu memisahkan antara konservasi dan ekonomi.

"Konsep ini jalan tengah, tetap mengkonservasi tapi manusia tetap sejahtera. Dalam mewujudkan itu, konsep yang paling sesuai dan berdekatan adalah konsep pariwisata. Maka dalam konsep geopark ada nilai-nilai kegiatan ekonomi, satu di antaranya geo-tourism, pariwisata berbasis warisan geologi," ucapnya dalam Dialog Ruang Kita Pos Belitung.

Dalam pelestarian, lanjut dia, secara natural masyarakat sekitar geosite sudah melakukan langkah pelestarian. Banyak kearifan lokal sudah sejalan atau sesuai dengan norma-norma yang ditetapkan.

"Misalnya di Beltim (Belitung Timur) itu, Tebat Rasau. Nah di sana ada kearifan lokal masyarakat mulai dari cara mancing yang bisa lestari. Umpan tidak boleh pakai pelet, mereka ada cara, umpan menggunakan hewan sekitar situ yang digunakan," katanya, dalam Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Jumat (23/4/2021).

"Ketika kami tanya kenapa menggunakan umpan seperti itu, mereka bilang bahwa itulah petuah orang tua dulunya soal cara mancing. Kalau tidak, maka akan ada suatu bahaya," imbuh dia.

Hal senada juga disampaikan Bupati Belitung Sahani Saleh. Ia menuturkan, geopark sebagai alat yang bisa menjadi pedoman supaya kekayaan alam bisa dimanfaatkan secara profesional dan bisa dinikmati masyarakat.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved