Breaking News:

Berita Belitung Timur

Illegal Logging Dekat Geosite Open Pit Nam Salu Kelapa Kampit, Polisi Masih Lakukan Pemeriksaan

Praktik illegal logging kembali terjadi di Belitung Timur. Kali ini terjadi di Hutan Lindung (HL) Gunung Kik Karak, Desa Senyubuk

Ist.Putra
Sekdes Putra dan lainnya saat berada di lokasi pembalakan liar dekat Geosite Open Pit Nam Salu, Rabu (21/4/2021) setelah kayu diangkut. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Praktik illegal logging kembali terjadi di Belitung Timur. Kali ini terjadi di Hutan Lindung (HL) Gunung Kik Karak, Desa Senyubuk, Kelapa Kampit dekat dengan Geosite Open Pit Nam Salu Geopark Belitong. 

Hal itu dikonfirmasi oleh Sekretaris Desa Senyubuk Putra Alam saat dihubungi posbelitung.co, Jumat (23/4/2021).

Putra mengungkapkan praktik ini diketahui terjadi pada Rabu (21/4/2021) sore saat beberapa orang di desa tersebut meninjau ke lokasi. 

Saat ditinjau, mereka memergoki ada enam orang yang sedang beraktivitas di hutan lindung tersebut, lengkap dengan truk untuk mengangkut kayu.

"Sekitar jam 7 kami balik lagi ke lokasi bersama bhabinkamtibmas dan babinsa. Ternyata kayu-kayunya sudah tidak ada," katanya.

Putra bilang praktik ini belum lama terjadi namun tetap mengkhawatirkan karena berada di lokasi hutan lindung dan dekat dengan salah satu geosite Geopark Belitong.

Dia bercerita beberapa tahun lalu memang sempat ada orang yang mau melakukan praktik pembalakan liar, namun masih bisa diantisipasi dengan pemberian edukasi dan lainnya.

"Kami dari pihak desa tetap mendukung polisi untuk mengusut kasus ini. Namun, kami meminta keringanan karena bagaimanapun juga terduga pelaku ini adalah warga kami," kata Putra.

Dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Belitung Timur AKP Deddy Nuary mengkonfirmasi sudah menahan beberapa terduga pelaku atas kasus illegal logging di Kelapa Kampit ini.

"Masih kami lakukan pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut kepada para terduga pelaku yang sudah diamankan. Akan kami ungkap kronologis lengkapnya setelah semua datanya lengkap," ujar AKP Deddy.

Dari sumber yang didapat posbelitung.co, dalam kasus ini polisi sudah menahan dua orang yaitu H (33) sebagai penebang pohon dan SS (23) sebagai supir truk pembawa kayu. Polisi juga diketahui sudah mengamankan ratusan keping papan kayu berbagai ukuran dari lokasi sebagai barang bukti.

Penangkapan di Hutan Lindung Gunung Kik Karak Kelapa Kampit ini menjadi kasus illegal logging kedua yang diungkap Satreskrim Polres Belitung Timur sesudah kasus pertama di Hutan Pemurnian Meranti Desa Lilangan, Gantung pada Selasa (20/4/2021) lalu. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved