Breaking News:

Hendrik Saputra 12 Tahun Tekuni Seni Kaligrafi, Peminatnya Semakin Tinggi dengan Tarif Segini

12 tahun menekuni kaligrafi, pemilik Belitung Kaligrafi Hendrik Saputra (26) sudah menghasilkan banyak karya

(Istimewa dok instagram Hendrik_kaligrafi)
Hendrik Saputra (26) saat membuat kaligrafi di Masjid Nurul Fattah Tanjungpendam, Belitung pada tahun 2020 lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -  12 tahun menekuni kaligrafi, pemilik Belitung Kaligrafi Hendrik Saputra (26) sudah menghasilkan banyak karya, tak hanya menggunakan media kanvas, kaligrafi buatannya pun sudah menghiasi dinding beberapa masjid yang ada di kabupaten Belitung.

Dia menjelaskan beberapa jenis kaligrafi diantaranya, Kaligrafi Khat Naskhi, Khot Riq'ah, khot Diwani, Khot Kufi, Khot Tsuluts dan Khot Farisi.

Dia berpendapat belajar kali grafi gampang-gampang susah, baginya kaligrafi Khot Tsuluts, dan paling lama dia dipelajari, karena tulisan-tulisan besar tingkatannya agak lebih sulit.

"Karena Tsuluts itu umumnya besar tulisannya. Dan kaidahnya harus baku, jadi harus paling sesuai, karena acuan aturan panduan kaligrafi itu ke Turki. Dan itu paling baku  di Tsuluts," ujarnya.

Dia menyampaikan tak hanya untuk lomba, kaligrafi ini diperjual belikan untuk penghias rumah dan masjid awal bulan puasa peminat kaligrafi cukup meningkat.

Kisaran harga dipatok di Belitung Kaligrafi mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah.

"Yang lumayan mahal itu kaligrafi  gold mirror, berbahan akrilik, umumnya dipakai ornamen di masjid-masjir harganya dipatok mulai Rp 1 juta- Rp1,5 permeter," ujarnya.

Bagi yang penasaran dengan hasil karyanya bisa melihat di instagram Hendrik_kaligrafi atau facebook Belitung kaligrafi, atau bisa langsung datang langsung ke lokasinya yang beralamatkan di Jalan Gajah Mada Gang Lontong RT 35 RW 14, Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan Belitung.
posbelitung.co,suharli

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved